PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BERBAHASA JAWA DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS III SDN POTROBANGSAN 4 MAGELANG


Prawasti Puji Lestari, 1402908229 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BERBAHASA JAWA DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS III SDN POTROBANGSAN 4 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BERBAHASA JAWA DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS III SDN POTROBANGSAN 4 MAGELANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BERBAHASA JAWA DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS III SDN POTROBANGSAN 4 MAGELANG)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di kelas III SDN Potrobangsan 4 Magelang ditemukan permasalahan dalam pembelajaran menulis karangan sederhana berbahasa Jawa antara lain pembelajaran masih berpusat pada guru, media pembelajaran masih kurang menarik sehingga siswa kurang aktif dan cepat merasa bosan.Hal ini mengakibatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan sederhana berbahasa Jawa sangat rendah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi.Penelitian ini di laksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SDN Potrobangsan 4 Magelang dengan jumlah siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Variabel dalam penelitian yaitu keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes, wawancara dan catatan lapangan. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis karangan sederhana berbahasa Jawa menggunakan media gambar kartun berseri.(1) Skor keterampilan guru pada siklus I rata-rata memperoleh skor 2,7 dengan kategori baik, siklus II memperoleh skor 3,4 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 15,8 dengan kategori baik, siklus II memperoleh skor 19,7 dengan kategori baik. (3) Ketuntasan belajar pada kondisi awal 29,2% (7 siswa) dari 24 siswa tuntas belajar dan setelah dilaksanakan tindakan penelitian pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 68,4 (66,67% tuntas belajar) dan meningkat pada siklus II menjadi 82,6 (87,50% tuntas belajar). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar kartun berseri dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis karangan sederhana berbahasa Jawa siswa kelas III SDN Potrobansgan 4 Magelang.Saran yang diberikan dari hasil tersebut sebaiknya guru dapat memilih model dan media pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan materi pembelajaran dan mengembangkannya pada pembelajaran yang lain dengan menggunakan media gambar kartun berseri sesuai dengan sintaks pendekatan tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menuliskarangan sederhana berbahasa Jawa, media gambar berseri, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 11:22
Last Modified: 31 Oct 2013 11:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18326

Actions (login required)

View Item View Item