PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI DARI TEKS WAWANCARA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXPLISIT INSTRUCTIONS TEKNIK KRONOLOGIS PERISTIWA PADA SISWA KELAS VII I SMP NEGERI 3 UNGARAN


Bagus Mahardhika, 2101409106 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI DARI TEKS WAWANCARA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXPLISIT INSTRUCTIONS TEKNIK KRONOLOGIS PERISTIWA PADA SISWA KELAS VII I SMP NEGERI 3 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI DARI TEKS WAWANCARA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXPLISIT INSTRUCTIONS TEKNIK KRONOLOGIS PERISTIWA PADA SISWA KELAS VII I SMP NEGERI 3 UNGARAN]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI DARI TEKS WAWANCARA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXPLISIT INSTRUCTIONS TEKNIK KRONOLOGIS PERISTIWA PADA SISWA KELAS VII I SMP NEGERI 3 UNGARAN)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi bahasa dan sastra Indonesia kelas VII I SMP Negeri 3 Ungaran, keterampilan menulis karangan narasi masih rendah. Hal ini disebabkan oleh motivasi siswa dalam manulis masih kurang dan kemampuan siswa membentuk kalimat-kalimat yang mempunyai kesatuan yang logis dan padu masih minim. Selama ini pembelajaran menulis paragraf narasi yang dilakukan guru masih menggunakan metode ceramah sehingga proses interaksi menjadi monoton. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf narasi adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe explicit instructions teknik kronologis peristiwa yang diharapkan dapat mempermudah siswa dalam menulis narasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kualitas proses pembelajaran menulis paragraf narasi, peningkatan keterampilan menulis narasi, dan perubahan perilaku siswa kelas VII I SMP Negeri 3 Ungaran setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf narasi dari teks wawancara dengan model pembelajaran kooperatif tipe explicit instructions teknik kronologis peristiwa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi proses pembelajaran menulis karangan narasi, mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis paragraf narasi, mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas VII I SMP Negeri 3 Ungaran setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf narasi dari teks wawancara dengan model pembelajaran kooperatif tipe explicit instructions teknik kronologis peristiwa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru dan penyelenggara pendidikan. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas melalui dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas proses perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf narasi siswa kelas VII I. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII I dengan jumlah siswa 32. Teknik pengambilan data adalah dengan tes dan nontes berupa jurnal observasi, jurnal siswa, jurnal guru, jurnal wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diketahui bahwa kualitas proses pembelajaran menulis paragraf narasi dari teks wawancara berjalan baik dan lancar meskipun ada beberapa siswa yang kurang mengikuti pembelajaran tetapi dapat diatasi oleh peneliti. Selain itu, hasil tes keterampilan menulis narasi mengalami peningkatan dengan nilai tes prasiklus siswa dari keseluruhan aspek memperoleh nilai rata-rata sebesar 62,2. Pada siklus I, hasil tes siswa rata-rata sebesar 68,97. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 79,78, sehingga terjadi peningkatan sebesar 10,79 atau 15,6%. Hasil tes siklus II tersebut menunjukan bahwa seluruh siswa kelas VII I yang berjumlah 32 siswa dinyatakan tuntas. Adapun perilaku siswa mengalami perubahan ke arah yang positif. Secara keseluruhan perubahan tingkah laku siswa yang dinilai dari keaktifan dan sikap siswa mengalami peningkatan ke arah yang lebih positif yaitu sebesar 14,2 % dari 75,7% pada siklus I menjadi 86,5% . Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menulis paragraf narasi dari teks wawancara dengan model pembelajaran kooperatif tipe explicit instructions teknik kronologis peristiwa telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf narasi siswa kelas VII I SMP Negeri 3 Ungaran dan mengubah perilaku siswa ke arah yang lebih positif. Saran untuk guru bahasa dan sastra Indonesia agar menggunakan dan menerapkan teks wawancara dan model pembelajaran kooperatif tipe explicit instructions teknik kronologis peristiwa dalam pembelajaran menulis narasi. Bagi peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia disarankan agar melakukan penelitian tindakan kelas lanjutan mengenai keterampilan menulis paragraf narasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis paragraf narasi, teks wawancara, pembelajaran kooperatif, explicit instructions teknik kronologis peristiwa.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 11:22
Last Modified: 31 Oct 2013 11:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18323

Actions (login required)

View Item View Item