IMPLEMENTASI TEKNIK PEMANFAATAN CERITA TEMAN GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV.B SDN 02 KAWENGEN KABUPATEN SEMARANG

ABDULLOH, 1402908222 (2013) IMPLEMENTASI TEKNIK PEMANFAATAN CERITA TEMAN GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV.B SDN 02 KAWENGEN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI TEKNIK PEMANFAATAN CERITA TEMAN GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV.B SDN 02 KAWENGEN KABUPATEN SEMARANG)
Download (3618Kb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa masalah keterampilan menulis karangan narasi di SDN 02 Kawengen, Kabupaten Semarang masih rendah. Guru menerapkan teknik yang kurang variatif sehingga siswa pasif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukan PTK dengan mengimplementasikan teknik pemanfaatan cerita teman guna meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV.B SDN 02 Kawengen, Kabupaten Semarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) apakah teknik pemanfaatan cerita teman dapat meningkatkan keterampilan guru kelas IV.B SDN 02 Kawengen dalam pembelajaran menulis karangan narasi?; 2) apakah teknik pemanfaatan cerita teman dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV.B SDN 02 Kawengen dalam menulis karangan narasi?; 3) apakah teknik pemanfaatan cerita teman dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi bagi siswa kelas IV.B SDN 02 Kawengen?. Adapun tujuannya: 1) meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran menulis karangan narasi di kelas IV.B SDN 02 Kawengen, Kabupaten Semarang; 2) meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV.B SDN 02 Kawengen, Kabupaten Semarang pada pembelajaran menulis karangan narasi; 3) meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV.B SDN 02 Kawengen, Kabupaten Semarang. Rancangan penelitian ini menggunakan PTK dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV.B SDN 02 Kawengen tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data yaitu tes, dokumentasi, observasi, dan catatan lapangan. Analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis karangan narasi. Keterampilan guru pada siklus I sebesar 80% dengan kriteria baik (B), siklus II 97% dengan kriteria sangat baik (A). Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 69% dengan kriteria baik (B), siklus II 89% dengan kriteria sangat baik (A). Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal siklus I sebesar 63%, siklus II 92 % dengan kriteria tuntas. Simpulan dari penelitian ini adalah implementasi teknik pemanfaatan cerita teman dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas dan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV.B SDN 02 Kawengen, Kabupaten Semarang. Skripsi ini dapat dijadikan sebagai rekomendasi guna meningkatkan kualitas pembelajaran pada semua mata pelajaran di sekolah dasar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis karangan narasi, teknik pemanfaatan cerita teman
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: haminati perpus unnes
    Date Deposited: 31 Oct 2013 07:24
    Last Modified: 31 Oct 2013 07:24

    Actions (login required)

    View Item