MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODEL BERMAIN BALON PADA KELAS IV SD NEGERI 01 GUNUNGTIGA KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2012
SUDIRMAN, 6102910035 (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODEL BERMAIN BALON PADA KELAS IV SD NEGERI 01 GUNUNGTIGA KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODEL BERMAIN BALON PADA KELAS IV SD NEGERI 01 GUNUNGTIGA KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2012)
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penulisan skripsi ini adalah tidak tercapainya hasil pembelajaran passing atas permainan bola voli karena banyaknya siswa yang tidak tertarik dan merasa takut dengan berat bola saat melakukan gerakan, dan siswa lebih menyukai pembelajaran cabang olahraga lainnya. Permasalahan yang menjadi pusat perhatian dalam penelitian ini adalah : bagaimana meningkatkan hasil belajar passing atas permainan bola voli melalui penerapan model bermain balon pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Gunungtiga kecamatan Belik kabupaten Pemalang tahun 2012 ?. Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing atas permainan bola voli melalui penerapan model bermain balon pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Gunungtiga kecamatan Belik kabupaten Pemalang tahun 2012, dilihat dari aspek kognitif, afektif, psikomotor, dan fisik. Penilaian ini melibatkan seluruh siswa kelas IV Dasar Negeri 01 Gunungtiga kecamatan Belik kabupaten Pemalang, yang hadir dalam penelitian yaitu berjumlah 28 dengan rincian siswa 12 siswa putri dan 16 siswa putra. Teknik analisis data menggunakan penilaian lembar observasi aktivitas guru, penilaian lembar observasi aktivitas siswa, instrumen analisis gerak dasar serta tes praktik. Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran passing atas permainan bola voli melalui model bermain balon, di SD negeri 01 Gunungtiga kecamatan Belik kabupaten Pemalang, Aktivitas peneliti dalam mengajar passing atas permainan bola voli melalui model bermain balon pada siklus pertama 79.1 %, sedang pada siklus kedua setelah melakukan perbaikan pada RPP, aktivitas peneliti dalam mengajar mencapai 87.5 %. Pada siklus kedua ini mengalami kenaikan sebesar 8.4%. Mengacu pada indikator ketercapaian aktivitas peneliti dalam mengajar dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran sebesar 80%, dan hasil dari siklus kedua dikatakan berhasil dan mempunyai kualifikasi sangat baik (A). Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran passing atas permainan bola voli melalui model bermain balon mencapai 80.0 %, sedangkan pada siklus kedua setelah melakukan perubahan skenario pembelajaran di RPP, aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran mencapai 86.6 %, hal ini berarti ada kenaikan sebesar 6.6% pada pelaksanaan siklus kedua. Peneliti juga mengajukan saran, yaitu : (1) Bagi siswa, agar meningkatkan semangat belajar siswa dalam kondisi dan keadaan apapun, ketahuilah bahwa belajar itu sangat menyenangkan dan menjadikan diri siswa lebih berprestasi, serta kembangkanlah potensi dan skill sesuai dengan apa yang disukai, (2) Bagi guru, agar menggali ide-ide yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar, ciptakanlah pembelajaran yang praktis, aktif, inovatif, efektif, dan menyenangkan, gembira dan berbobot.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar passing, permainan bola voli |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 22788 not found. |
Date Deposited: | 31 Oct 2013 11:20 |
Last Modified: | 31 Oct 2013 11:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18321 |
Actions (login required)
View Item |