PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA KOMIK BERMUATAN CINTA LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII G SMP NEGERI 1 KANDEMAN SEMESTER GENAP TAHUN AJAR 2012/2013
Nurul Iqma, 2101409095 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA KOMIK BERMUATAN CINTA LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII G SMP NEGERI 1 KANDEMAN SEMESTER GENAP TAHUN AJAR 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA KOMIK BERMUATAN CINTA LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII G SMP NEGERI 1 KANDEMAN SEMESTER GENAP TAHUN AJAR 2012/2013)
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi dengan guru bahasa dan sastra Indonesia kelas VIII G SMP Negeri 1 Kandeman Kabupaten Batang diperoleh informasi bahwa keterampilan peserta didik dalam menulis teks berita masih kurang. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata yang hanya 65, sedangkan untuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP N 1 Kandeman mencapai 75. Dengan penerapan model think pair share dan media komik bermuatan cinta lingkungan diharapkan mampu meningkatkan keterampilan menulis teks berita. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran, peningkatan keterampilan, dan perubahan perilaku peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 1 Kandeman dalam mengikuti pembelajaran menulis teks berita menggunakan model think pair share dengan media komik bermuatan cinta lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi proses pembelajaran menulis teks berita, peningkatan keterampilan menulis teks berita, dan perubahan perilaku peserta didik kelas VIII G SMP N 1 Kandeman dalam mengikuti pembelajaran menulis teks berita menggunakan model think pair share dengan media komik bermuatan cinta lingkungan. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks berita yang dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 1 Kandeman. Pada penelitian ini terdapat dua variabel yang digunakan yaitu keterampilan menulis teks berita dan model think pair share dengan media komik bermuatan cinta lingkungan. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, setiap siklus memiliki empat tahap yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Alat pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Proses pembelajaran keterampilan menulis teks berita menggunakan model think pair share dengan media komik bermuatan cinta lingkungan telah berjalan dengan kondusif. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa pembelajaran menulis teks berita menggunakan model think pair share dengan media komik bermuatan cinta lingkungan mengalami peningkatan. Hasil tes keterampilan menulis teks berita pada siklus I diperoleh nilai rata-rata klasikal sebesar 72,60 dan mengalami peningkatan sebesar 9,08 menjadi 81,68 pada siklus II. Peningkatan keterampilan menulis teks berita juga diikuti perubahan perilaku peserta didik ke arah yang lebih positif. Perubahan perilaku peserta didik setelah mengikuti pembelajara menulis teks Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulankan bahwa pembelajaran menulis teks berita menggunakan model think pair share dengan media komik bermuatan cinta lingkungan efektif. Saran yang diberikan peneliti kepada guru bahasa dan sastra Indonesia adalah agar menerapkan model think pair share dan media komik bermuatan cinta lingkungan sebagai alternatif pembelajaran. Bagi peneliti lain yang hendak melakukan penelitian mengenai keterampilan menulis teks berita, disarankan agar menggunakan model dan media berbeda yang lebih menarik sehingga lebih variatif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis teks berita, model think pair share, media komik bermuatan cinta lingkungan |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 1771 not found. |
Date Deposited: | 31 Oct 2013 11:25 |
Last Modified: | 31 Oct 2013 11:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18319 |
Actions (login required)
View Item |