KOMUNIKASI POLITIK PARTAI KEBANGKITAN BANGSA DENGAN MASYARAKAT BERBASIS NU DI KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP

Arif Indiarto, 3301409009 (2013) KOMUNIKASI POLITIK PARTAI KEBANGKITAN BANGSA DENGAN MASYARAKAT BERBASIS NU DI KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KOMUNIKASI POLITIK PARTAI KEBANGKITAN BANGSA DENGAN MASYARAKAT BERBASIS NU DI KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP)
Download (1010Kb)

    Abstract

    Komunikasi politik merupakan suatu proses penyampaian informasi atau pesan yang dilakukan oleh pimpinan partai politik terhadap masyarakat berbasis NU dengan saluran/media berupa lisan maupun tulisan dan diharapkan anggota partai politik tersebut mengerti dan menyetujui dari apa yang telah disampaikan. Salah satu partai politik yang mendapat dukungan dari masyarakat berbasis NU di Kecamatan Kesugihan adalah Partai Kebangkitan Bangsa. Salah satu basis PKB adalah NU. Dari sekian banyaknya masyarakat NU, di Kecamatan Kesugihan merupakan salah satu basisnya. Permasalahan penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah komunikasi politik Partai Kebangkitan Bangsa dengan masyarakat berbasis NU di Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap? dan 2) faktor-faktor penghambat terjadinya komunikasi politik Partai Kebangkitan Bangsa dengan masyarakat berbasis NU di Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap? Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui komunikasi politik yang meliputi bentuk-bentuk komunikasi, sarana komunikasi, dan pesan-pesan politik antara Partai Kebangkitan Bangsa dengan masyarakat berbasis NU dan mengetahui faktor penghambat terjadinya komunikasi politik Partai Kebangkitan Bangsa dengan masyarakat berbasis NU di Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini di Kecamatan Kesugihan. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik triangulasi. Teknis analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan langkah analisis mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data sampai penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah DPAC PKB Kecamatan Kesugihan melakukan komunikasi politik dilakukan dengan cara sederhana, lewat pengajian, yasinan, minggu kliwonan, rapat dengan para pengurus dan kader. Komunikasi politik sangat dipengaruhi oleh figur Kyai yang ada di Pondok Pesantren. Media hanya sebatas stiker, spanduk dan bendera. Sedangkan media radio jangkauannya masih sangat minim yaitu hanya lingkup Pondok Pesantren saja. Faktor penghambat komunikasi politik Partai Kebangkitan Bangsa dengan masyarakat berbasis NU di Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap adalah terlalu luasnya Kecamatan Kesugihan, konflik internal partai pada tahun 2009, kegiatan-kegiatan rutinan yang melibatkan partai belum sepenuhnya didukung oleh semua elemen pengurus di tingkat desa, kurangnya pemahaman politik pada kader partai dan kurang terpeliharanya hubungan Partai Kebangkitan Bangsa dengan Banser NU.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Komunikasi Politik, Partai Kebangkitan Bangsa, Masyarakat berbasis NU
    Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    J Political Science > JA Political science (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 31 Oct 2013 06:34
    Last Modified: 31 Oct 2013 06:34

    Actions (login required)

    View Item