PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI HOTEL PLAZA SEMARANG


Gilang Firmanda , 7350406616 (2013) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI HOTEL PLAZA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI HOTEL PLAZA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI HOTEL PLAZA SEMARANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penurunan jumlah pelanggan Hotel Plaza Semarang bulan Januari sampai Desember 2012 mengindikasikan adanya penurunan tingkat kepuasan konsumen. Di satu sisi pihak pengelola sudah menawarkan keunggulan dalam segi kualitas pelayanan dan lokasi untuk memuaskan keinginan konsumen, sehingga perlu dikaji sejauh mana kualitas pelayanan dan lokasi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di Hotel Plaza Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan Hotel Plaza Semarang dengan sample responden sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 0.050 + 0,340X1 + 0,293X2. Uji hipotesis parsial (t) menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Uji hipotesis simultan (F) menunujukan bahwa ada pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan konsumen. Koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,524, hal ini berarti 52,4 % Kepuasan Konsumen Hotel Plaza Semarang dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan lokasi sedangkan sisanya 47,6 % dipengaruhi oleh variabel lain yang berada di luar variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh positif kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Hotel Plaza Semarang. Terdapat pengaruh positif lokasi terhadap kepuasan konsumen Hotel Plaza Semarang. Terdapat pengaruh yang positif kualitas pelayanan dan lokasi secara simultan terhadap kepuasan konsumen Hotel Plaza Semarang. Kualitas pelayanan merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Hotel Plaza Semarang. Hal ini menunjukkan bahwa variable lokasi memerlukan peningkatan pada indikator-indikator yang masih rendah agar kepuasan konsumen lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Kepuasan Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 22783 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 11:24
Last Modified: 31 Oct 2013 11:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18316

Actions (login required)

View Item View Item