PENGGUNAAN BOLA KARET (PENTUL) SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DALAM BERMAIN BOLA BASKET PADA ANAK KELAS VI SD NEGERI 03 BELIK KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
WARYONO , 6102910030 (2012) PENGGUNAAN BOLA KARET (PENTUL) SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DALAM BERMAIN BOLA BASKET PADA ANAK KELAS VI SD NEGERI 03 BELIK KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGGUNAAN BOLA KARET (PENTUL) SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DALAM BERMAIN BOLA BASKET PADA ANAK KELAS VI SD NEGERI 03 BELIK KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penulisan skripsi ini adalah tidak tercapainya hasil pembelajaran permainan bola basket karena banyaknya siswa yang tidak tertarik dan merasa takut dengan berat bola saat melakukan gerakan, dan siswa lebih menyukai pembelajaran cabang olahraga lainnya. Permasalahan yang menjadi pusat perhatian dalam penelitian ini adalah : Apakah Penggunaan bola karet (pentul) sebagai upaya menumbuhkan motivasi belajar anak dalam bermain bola basket pada anak kelas VI Sekolah Dasar Negeri 03 Belik kecamatan Belik kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2011/2012?. Tujuan dari penelitian ini adalah : untuk menumbuhkan motivasi belajar anak dalam bermain bola basket melalui penggunaan bola karet (pentul) pada anak kelas VI Sekolah Dasar Negeri 03 Belik kecamatan Belik kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2011/2012, dilihat dari aspek kognitif, afektif, psikomotor, dan fisik. Penilaian ini melibatkan seluruh siswa kelas VI Dasar Negeri 03 Belik kecamatan Belik kabupaten Pemalang, yang hadir dalam penelitian yaitu berjumlah 24 dengan rincian siswa 10 siswa putri dan 14 siswa putra. Teknik analisis data menggunakan penilaian lembar observasi aktivitas guru, penilaian lembar observasi aktivitas siswa, instrumen analisis gerak dasar serta tes praktik. Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran permainan bola basket melalui penggunaan bola karet (pentul), di SD negeri 03 Belik kecamatan Belik kabupaten Pemalang, Aktivitas peneliti dalam mengajar permainan bola basket melalui penggunaan bola karet (pentul) pada siklus pertama 79.1 %, sedang pada siklus kedua setelah melakukan perbaikan pada RPP, aktivitas peneliti dalam mengajar mencapai 91.6 %. Pada siklus kedua ini mengalami kenaikan sebesar 12.5%. Mengacu pada indikator ketercapaian aktivitas peneliti dalam mengajar dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran sebesar 80%, dan hasil dari siklus kedua dikatakan berhasil dan mempunyai kualifikasi sangat baik (A). Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran permainan bola basket melalui penggunaan bola karet (pentul) mencapai 80 %, sedangkan pada siklus kedua setelah melakukan perubahan skenario pembelajaran di RPP, aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran mencapai 93.3 %, hal ini berarti ada kenaikan sebesar 13.3% pada pelaksanaan siklus kedua. Peneliti juga mengajukan saran, yaitu : (1) Bagi siswa, agar meningkatkan semangat belajar siswa dalam kondisi dan keadaan apapun, ketahuilah bahwa belajar itu sangat menyenangkan dan menjadikan diri siswa lebih berprestasi, serta kembangkanlah potensi dan skill sesuai dengan apa yang disukai, (2) Bagi guru, agar menggali ide-ide yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar, ciptakanlah pembelajaran yang praktis, aktif, inovatif, efektif, dan menyenangkan, gembira dan berbobot
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 22788 not found. |
Date Deposited: | 31 Oct 2013 11:25 |
Last Modified: | 31 Oct 2013 11:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18314 |
Actions (login required)
View Item |