PENGARUH PENERAPAN METODE SOSIODRAMA TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS VIII SMP N 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/2013


Zulfaeda Retnani, 3101409104 (2013) PENGARUH PENERAPAN METODE SOSIODRAMA TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS VIII SMP N 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENERAPAN METODE SOSIODRAMA TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS VIII SMP N 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENGARUH PENERAPAN METODE SOSIODRAMA TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS VIII SMP N 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (657kB) | Preview

Abstract

Dalam rangka memperbaiki nasionalisme dalam diri siswa, guru IPS di SMP N 2 Magelang menerapkan metode sosiodrama dalam menyampaikan materi sejarah. Setelah diterapkanya metode tersebut sikap nasionalisme mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari antusisme siswa yang tinggi ketika mendapat giliran sebagai petugas upacara. Oleh karena hal tersebut peneliti mengambil rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Seberapa besar pengaruh penerapan metode sosiodrama terhadap sikap nasionalisme siswa kelas VIII SMP N 2 Magelang?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode sosioidrama terhadap sikap nasionalisme siswa sehingga nantinya dapat dimanfaatkan sebagai sebagai koreksi dan perbaikan dalam penerapan metode tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif, dengan jenis deskriptif korelasional, dan menggunakan desain ekspos fakto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Magelang yang berjumlah 155 siswa. Pengambilan sampel munggunakan random sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan alat berupa angket. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan uji t dan uju regresi. Hasil analisis data berdasarkan hasil perhitungan menggunakan aplikasi SPSS diperoleh persamaan regresi Y = 11,62 + 0.698 X . hal tersebut berarti variabel independen mempengaruhi variabel dependen secara signifikan. Ini dibuktikan dengan analisis uji t, diperoleh nilai thitung = 4,130 > 2,14 = ttabel, dan sig = 0.001 < 5%, jadi Ho ditolak. Ini berarti penerapan metode sosio drama berpengaruh terhadap sikap nasionalisme siswa. Sedangakn setelah diregresikan diperoleh pengaruh penerapan metode sosiodrama sebesar 46% terhadap sikap nasionalisme. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disampulkan bahwa penerapan metode sosiodrama mempunyai pengaruh terhadap sikap nasionalisme sampai sebesar 46%. Maka dari itu peneliti menyampaikan saran agar guru IPS (sejarah) di SMP N 2 Magelang lebih meningkatkan kualitas pembelajaran dengan metode sosiodrama, mulai dari materi, scenario, pengaturan waktu, serta pengaturan tempatnya. Hal tersebut dimaksudkan agar penerapan metode sosiodrama dapat terlaksana dengan baik dan maksimal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: nasionalisme, metode sosiodrama, pengaruh
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2013 10:26
Last Modified: 31 Oct 2013 10:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18313

Actions (login required)

View Item View Item