PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA UNTUK MENEMUKAN GAGASAN UTAMA DALAM TEKS YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK, PAIR, AND SHARE MELALUI METODE MEMBACA KALIMAT PADA PESERTA DIDIK KELAS VIID SMP N 1 TARUB KABUPATEN TEGAL


Indah Wulandini, 2101409094 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA UNTUK MENEMUKAN GAGASAN UTAMA DALAM TEKS YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK, PAIR, AND SHARE MELALUI METODE MEMBACA KALIMAT PADA PESERTA DIDIK KELAS VIID SMP N 1 TARUB KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA UNTUK MENEMUKAN GAGASAN UTAMA DALAM TEKS YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK, PAIR, AND SHARE MELALUI METODE MEMBACA KALIMAT PADA PESERTA DIDIK KELAS VIID SMP N 1 TARUB KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA UNTUK MENEMUKAN GAGASAN UTAMA DALAM TEKS YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK, PAIR, AND SHARE MELALUI METODE MEMBACA KALIMAT PADA PESERTA DIDIK KELAS VIID SMP N 1 TARUB KABUPATEN TEGAL)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan suatu keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh siswa. Keterampilan membaca yang dimiliki siswa tentunya akan berpengaruh terhadap pembelajaran yang dilaksanakan dalam semua jenjang pendidikan. Oleh karena itu, agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar, salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa yaitu keterampilan dalam membaca. Berdasarkan hasil observasi di lapangan yaitu wawancara dengan guru dan beberapa siswa, banyak kendala yang dihadapi siswa dalam membaca untuk menemukan gagasan utama dalam teks bacaan. Hal ini merupakan permasalahan yang harus diselesaikan. Oleh karena itu, pembelajaran membaca untuk menemukan gagasan utama dengan menggunakan metode think, pair, and share melalui metode membaca kalimat merupakan salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berdasarkan uraian di atas, permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini yaitu, (1) bagaimanakah kualitas proses pembelajaran membaca untuk menemukan gagasan utama dengan menggunakan metode think, pair, and share melalui metode membaca kalimat pada peserta didik kelas VIID SMP N 1 Tarub, (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca siswa untuk menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca dengan menggunakan metode think, pair, and share melalui metode membaca kalimat, dan (3) bagaimanakah perubahan sikap dan perilaku siswa kelas VIID SMP N 1 Tarub setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode think, pair, and share melalui metode membaca kalimat. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsi kualitas proses pembelajaran membaca untuk menemukan gagasan utama, mendeskripsi peningkatan keterampilan membaca siswa untuk menemukan gagasan utama, mendeskripsi perubahan sikap dan perilaku siswa kelas VIID SMP N 1 Tarub setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode think, pair, and share melalui metode membaca kalimat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus. Tiap-tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diambil melalui instrumen tes dan instrumen nontes. Instrumen tes berupa penilaian keterampilan membaca intensif untuk menemukan gagasan utama, sedangkan instrumen nontes berupa pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Selanjutnya data yang telah diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Proses pembelajaran membaca untuk menemukan gagasan utama mengalami peningkatan menjadi lebih baik dari siklus I ke siklus II. Hasil tes siklus I menunjukkan nilai rata-rata sebesar 59,11 dan hasil tes siklus II menunjukkan nilai rata-rata sebesar 73,91. Hal ini berarti terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Sebesar 14,8%. Dengan adanya peningkatan tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan membaca untuk menemukan gagasan utama dengan menggunakan metode think, pair, and share melalui metode membaca kalimat pada siswa kelas VIID SMP N 1 Tarub Kabupaten Tegal berhasil dengan baik atau memenuhi batas ketuntasan yang ditentukan yaitu 70. Adapun perubahan perilaku yang ditunjukkan siswa pada siklus I yaitu aspek kesiapan siswa sebesar 69,4, aspek keaktifan sebesar 58,3, aspek keantusiasan sebesar 72,2, aspek keseriusan sebesar 72,2, dan aspek percaya diri sebesar 58,3. Pada siklus II mengalami perubahan ke arah yang lebih baik, yaitu aspek kesiapan sebesar 83,3, aspek keaktifan sebesar 77,7, aspek keantusiasan siswa sebesar 86,1, aspek keseriusan siswa sebesar 86,1, dan aspek percaya diri sebesar 77,7. Selanjutnya, berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat direkomendasikan antara lain: (1) guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kiranya dapat menggunakan metode think, pair, and share dan metode membaca kalimat sebagai salah satu alternatif metode dalam pembelajaran membaca, dan (2) para peneliti dalam bidang pendidikan dapat melakukan penelitian serupa dengan memadukan atau mengganti metode think, pair, and share dan metode membaca kalimat dengan metode lainnya, sehingga berdampak positif bagi perkembangan pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca, gagasan utama, metode think pair and share, metode membaca kalimat
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 11:29
Last Modified: 31 Oct 2013 11:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18311

Actions (login required)

View Item View Item