PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 PURWOKERTO


Nuzulurrochmah, 3101409102 (2013) PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 PURWOKERTO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 PURWOKERTO]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 PURWOKERTO)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan ditujukan untuk menghasilkan pribadi yang cerdas dan terampil, serta berbudi pekerti luhur. Dalam mengembangkan pendidikan karakter, kesadaran akan siapa dirinya dan bangsanya adalah bagian yang penting. Kesadaran tersebut dapat terbangun dengan baik melalui pendidikan sejarah. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter melalui mata pelajaran sejarah dalam rangka mengembangkan karakter siswa di SMA N 1 Purwokerto? 2) Karakter apa saja yang dikembangkan melalui pembelajaran sejarah? 3) Apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pengembangan karakter di SMA N 1 Purwokerto?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Lokasi penelitian di SMA N 1 Purwokerto. Informan kunci dalam penelitian ini adalah guru sejarah di SMA N 1 Purwokerto serta informan pendukung yakni kepala sekolah, waka bidang kurikulum, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik dalam pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif mencakup empat hal yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sejarah di SMA N 1 Purwokerto mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran. Nilai-nilai yang dikembangkan adalah cinta tanah air, jujur, peduli sosial, komunikatif, disiplin, dan gemar membaca. Faktor yang mendukung antara lain adanya sarana dan prasarana yang memadai, guru yang selalu memberikan motivasi kepada peserta didik, tersedianya bermacam-macam kegiatan ekstra kurikuler, dan banyak terpajang poster serta slogan yang bermuatan nilai karakter. Faktor penghambat antara lain latar belakang siswa yang berbeda-beda, guru sejarah belum memiliki instrumen khusus untuk menilai karakter siswa, dan tempat bermain di luar lingkungan sekolah. Simpulan dari penelitian ini ialah pengembangan nilai-nilai karakter siswa menjadi hal yang mendesak. Pendidikan diharapkan tidak hanya menjadikan peserta didik cerdas, tetapi juga berkarakter, agar keberadaanya sebagai anggota masyarakat menjadi bermakna. Materi pembelajaran sejarah sangat strategis untuk mengembangkan karakter siswa. Saran yang dikemukakan penulis adalah pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Purwokerto sebaiknya tidak hanya menekankan pada ranah kognitif saja, sanksi yang diberikan hendaknya sesuatu yang dapat mengembangkan karakter siswa, dan mengadakan kerjasama dengan orang tua peserta didik sebagai pengawas perilaku peserta didik di rumah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Karakter, Pembelajaran Sejarah, Siswa Sekolah Menengah Atas
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2013 10:10
Last Modified: 31 Oct 2013 10:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18309

Actions (login required)

View Item View Item