EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS SEJARAH DENGAN MODEL LEARNING CYCLE BERBANTUAN CD INTERAKTIF MATERI MASA KOLONIAL BANGSA EROPA DI NUSANTARA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG

Annisaak Sholikhatun Fauziah, 3101409094 (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS SEJARAH DENGAN MODEL LEARNING CYCLE BERBANTUAN CD INTERAKTIF MATERI MASA KOLONIAL BANGSA EROPA DI NUSANTARA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS SEJARAH DENGAN MODEL LEARNING CYCLE BERBANTUAN CD INTERAKTIF MATERI MASA KOLONIAL BANGSA EROPA DI NUSANTARA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG)
Download (3437Kb)

    Abstract

    Kondisi proses pembelajaran IPS sejarah di sekolah SMP M 2 Sawangan, masih jauh dari harapan dan tujuan pembelajaran yaitu dengan ketuntasan belajar siswa masih di bawah standar yang ditentukan oleh pihak sekolah yaitu 70. Salah satu alternative penyelesaian adalah dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle (LC) bantuan CD interaktif yang nantinya akan membantu siswa berperan aktif pada saat pembelajaran berlangsung. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran IPS sejarah, keaktifan siswa dengan model LC berbantuan CD interaktif dan perbedaan prestasi belajar siswa bila dibandingkan dengan model ekspositori padasiswakelas VII SMP M 2 Sawangan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran IPS sejarah, keaktifan siswa dengan model Learning Cycle berbantuan CD interaktif dan perbedaan prestasi belajar siswa bila dibandingkan dengan model ekspositori pada siswa kelas VII SMP M 2 Sawangan. Populasi penelitian siswa kelas VII SMP M 2 Sawangan. Penentuan sampel dengan teknik Purposive Sampling diperoleh kelas VII A dan VII B. Variabel penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran, keaktifan belajar siswa dan prestasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle berbantu CD Interaktif dan model pembelajaran Ekspositori. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji perbedaan dua rata-rata (ujit). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 80,21 dan kelas control sebesar 73,88, uji t diperoleh t hitung 2,589 dengan t tabel 2,033 ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan hasil rata-rata keaktifan belajar kelas eksperimen 76% dan kelas kontrol 69% dengan kriteria kelas eksperimen dan kelas kontrol baik, sedangkan ketuntasan hasil belajar kelas eksperimen sudah mencapai ketuntasan dengan presentase 91,66%, ketuntasan belajar kelas kontrol belum mencapai ketuntasan belajar dengan presentase belajar 70%. Simpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar, keaktifan belajar antarasiswa yang menggunakan menggunakan model pembelajaran LC berbantu CD Interaktif dan yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Saran bagi siswa, guru dan sekolah sama-sama meningkatkan kualitas proses pembelajaran IPS Sejarah di SMP M 2 Sawangan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Learning Cycleberbantu CD Interaktif, Keaktifan Siswa, Prestasi Belajar
    Subjects: D History General and Old World > DA Great Britain > DAW Central Europe
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 31 Oct 2013 05:50
    Last Modified: 31 Oct 2013 05:50

    Actions (login required)

    View Item