Pembelajaran Sejarah pada Kelas Cerdas Istimewa/ Bakat Istimewa (CI/BI) di SMA Negeri 1 Purwokerto
Siti Mukaromah, 3101409093 (2013) Pembelajaran Sejarah pada Kelas Cerdas Istimewa/ Bakat Istimewa (CI/BI) di SMA Negeri 1 Purwokerto. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pembelajaran Sejarah pada Kelas Cerdas Istimewa/ Bakat Istimewa (CI/BI) di SMA Negeri 1 Purwokerto)
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Program layanan cerdas istimewa/bakat istimewa pada sekolah menengah atas di Indonesia lebih menekankan pada mata pelajaran eksakta. Mata pelajaran sejarah sebagai bagian dari ilmu sosial mempunyai peranan dalam upaya menanamkan jiwa nasionalisme di kalangan siswa. Mata pelajaran sejarah dituntut untuk membekali siswa agar memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yakni: (1) bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran sejarah pada kelas Cerdas Istimewa/Bakat Istimewa (CI/BI) di SMA Negeri 1 Purwokerto? (2) kendala apakah yang ditemui dalam pelaksanan pembelajaran sejarah pada kelas Cerdas Istimewa/Bakat Istimewa (CI/BI) di SMA Negeri 1 Purwokerto? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran sejarah pada kelas Cerdas Istimewa/Bakat Istimewa (CI/BI) di SMA Negeri 1 Purwokerto (2) untuk mengetahui kendala dalam pelaksanan pembelajaran sejarah pada kelas Cerdas Istimewa/Bakat Istimewa (CI/BI) di SMA Negeri 1 Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian berlokasi di SMA Negeri 1 Purwokerto. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer yaitu data yang diperoleh langsung dari informan. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah, kepala sekolah, pengelola CI/BI, kesiswaan dan siswa. Sumber sekunder yang digunakan seperti dokumen sekolah. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif, yang meliputi dalam analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada kelas CI/BI di SMA Negeri 1 Purwokerto belum menerapkan kurikulum berdiferensiasi dan masih menggunakan kurikulum yang sama dengan kelas regular yaitu kurikulum 2006. Secara umum pembelajaran sejarah pada kelas CI/BI di SMA Negeri 1 Purwokerto tidak terlalu jauh berbeda dengan pembelajaran sejarah di kelas regular. Perbedaannya terletak pada sumber belajar dan strategi guru dalam mengajarkan materi sejarah. Pembelajaran sejarah di kelas CI/BI ditemukan beberapa kendala. Kendala yang dialami oleh guru adalah kesulitan dalam managemen waktu karena terkadang terjadi jadwal bentrok antara jadwal siswa CI/BI dengan kegiatan sekolah yang mengharuskan semua siswa berpartisipasi. Kendala yang lain yakni belum diterapkannya kurikulum berdiferensiasi sehingga membuat pembelajaran sejarah di kelas CI/BI tidak berjalan sebagaimana mestinya. Siswa CI/BI juga menemui kendala dalam pembelajaran sejarah yaitu adanya perbedaan antara sumber belajar yang satu dengan sumber belajar yang lain sehingga membuat siswa bingung saat mempelajarinya. Saran yang dapat dikemukakan penulis adalah bagi sekolah yang menyelenggarakan kelas CI/BI dalam pelaksanaan pembelajaran hendaknya menerapkan kurikulum berdiferensiasi. Bagi pemerintah serta pihak-pihak pemerhati pendidikan bagi siswa CI/BI hendaknya mengadakan sosialisasi untuk memberikan pengarahan mengenai pengembangan kurikulum berdiferensiasi bagi siswa CI/BI kepada sekolah-sekolah yang menyelenggarakan layanan pendidikan CI/BI. Bagi sekolah penataan ruang kelas CI/BI seyogyanya tidak terlalu jauh dengan kelas lain sehingga interaksi sosial dengan temannya dapat terjamin. Penyusunan modul oleh guru hendaknya melibatkan tenaga ahli dalam materi, metodologi serta memahami siswa CI/BI.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, sejarah, kelas CI/BI. |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 31 Oct 2013 09:43 |
Last Modified: | 31 Oct 2013 09:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18303 |
Actions (login required)
View Item |