KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH (Studi Korelasi Untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Korelasional Guru Sejarah SMA di Kabupaten Tegal)


Fina Rizqiyana, 3101409077 (2013) KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH (Studi Korelasi Untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Korelasional Guru Sejarah SMA di Kabupaten Tegal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH (Studi Korelasi Untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Korelasional Guru Sejarah SMA di Kabupaten Tegal)]
Preview
PDF (KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH (Studi Korelasi Untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Korelasional Guru Sejarah SMA di Kabupaten Tegal))
Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran, namun faktor guru akan dominan ketika guru mempunyai profesionalitas dalam pembelajaran. Guru professional ditutut kreatif dalam pembelajaran agar proses belajar mengajar berjalan secara efektif dan efisien. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana kompetensi profesional guru dalam pembelajaran sejarah SMA di Kabupaten Tegal. (2) Bagaimana kreativitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah SMA di Kabupaten Tegal. (3) Apakah ada hubungan antara professional dan kreativitas guru dalam pembelajaran sejarah SMA di Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan keseluruhan guru yang berjumlah 7 orang sebagai objek penelitianya. Variabel yang dibahas dalam penelitian ini yaitu kompetensi professional dan kreativitas guru dalam pembelajaran sejarah. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentasi dan koefisien korelasi, serta uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,699 dengan rtabel 0,666 sehingga terdapat hubungan yang positif. Hasil uji t atau secara parsial diperoleh thitung sebesar 2,128 dengan probabilitas 0,007 < 0,05 maka dengan demikian Ha diterima yang berarti ada hubungan antara kompetensi profesional dan kreativitas guru dalam pembelajaran sejarah. Simpulan dari penelitian ini adalah kompetensi profesional berhubungan baik dengan kreativitas guru dalam pembelajaran sejarah dan semakin tinggi kompetensi profesional guru maka kreativitas guru pun semakin meningkat. Saran yang diajukkan adalah sebaiknya pihak sekolah melaksanakan kegiatan yang berpotensi meningakatkan kemampuan professional guru sejarah melalui pelatihan ataupun pembinaan bagi para guru mengingat kemampuan profesional guru berhubungan terhadap kreativitas guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional, Kreativitas Guru, dan Pembelajaran Sejarah.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2013 16:38
Last Modified: 31 Oct 2013 16:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18300

Actions (login required)

View Item View Item