IMPLEMENTASI PROGRAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH YANG BERORIENTASI PADA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MAN PEMALANG

Afriko Wigyan Fambayun, 3101409043 (2013) IMPLEMENTASI PROGRAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH YANG BERORIENTASI PADA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MAN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI PROGRAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH YANG BERORIENTASI PADA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MAN PEMALANG)
Download (3224Kb)

    Abstract

    Perencanaan pembelajaran merupakan suatu komponen yang biasanya disusun oleh guru sebelum melakukan pembelajaran di kelas. Pada waktu sekarang ini untuk mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju, maka disusunlah perencanaan pembelajaran yang disisipi oleh pendidikan karakter peserta didik. Berdasarkan hal tersebut permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Karakter guru sejarah dan peserta didik MAN Pemalang, (2) Bagaimana pemahaman guru sejarah MAN Pemalang mengenai Pendidikan karakter, (3) Bagaimana implementasi perencanaan pembelajaran sejarah yang berorientasi pada pembentukan karakter peserta didik di MAN Pemalang, dan (4) Apa saja kendala-kendala yang di hadapi guru dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran yang berorientasi pada pembentukan karakter peserta didik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dan penelitian ini dilaksanakan di MAN pemalang. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi partisipatif, dan dokumentasi, sementara teknik sampling dengan menggunakan purposive sampling yang ditujukan kepada kepala sekolah, waka kurikulum, guru sejarah, dan beberapa siswa MAN Pemalang. Teknik keabsahan data dengan trianggulasi teknik dan analisis data dengan analisis interaksi yang langkah-langkahnya mulai dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakter guru sejarah dan siswa MAN Pemalang memiliki karakter baik, karena berada di lingkungan yang menekankan pendidikan agama. Guru sejarah sudah paham akan konsep pendidikan karakter, sementara implementasi pperencanaan pembelajaran berbasis pendidikan karakter kurang berjalan dengan baik, guru hanya menyalin dari guru lain. Guru melakukan itu karena terkendala sulitnya pembuatan KKM dan indikator keberhasilan, kurangnya referensi yang digunakan, serta sarana dan prasarana yang kurang mendukung. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah: (1) berkaitan dengan perencanaan pembelajaran, sebaiknya guru berusaha untuk merancang dan membuat perencanaan sendiri dan tidak selalu mengcopy dari guru lain, (2) pihak sekolah, hendaknya selalu melakukan supervisi atau pengawasan kepada para guru berkaitan dengan perangkat pembelajan yang dibuatnya, (3) Pihak sekolah bisa membuat asrama khusus bagi peserta didik, agar lebih mudah dalam mengawasi perilaku peserta didik dan memudahkan dalam memberikan penanaman nilai karakter.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Implementasi, Perencanaan Pembelajaran, Pembentukan Karakter, Peserta Didik
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 31 Oct 2013 05:34
    Last Modified: 31 Oct 2013 05:34

    Actions (login required)

    View Item