PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD N REJOSARI 2 DEMAK


FANDHI AHMAD, 1402908186 (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD N REJOSARI 2 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD N REJOSARI 2 DEMAK]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD N REJOSARI 2 DEMAK)
Download (29MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS yang efektif dan bermakna pada siswa akan mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap masalah sosial yang ada di masyarakat, namun pembelajaran IPS di SD kurang menarik bagi siswa karena penggunaan media belum optimal. Sehingga hasil pembelajaran IPS di SDN Rejosari 2 Demak rendah hanya mencapai ketuntasan klasikal 50%. Permasalahan tersebut berdampak pada hasil belajar siswa tidak mencapai ketuntasan belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kontekstual dengan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Rejosari 2 Demak? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kontekstual dengan media audio visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SDN Rejosari 2 Demak dengan jumlah siswa 18 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, non tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara analisis deskriptif, kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keterampilan guru siklus I memperoleh skor 23 (kategori baik), siklus II memperoleh skor 30 (kategori sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 2,50 (kategori baik), pada siklus II memperoleh rata-rata skor 3,00 (kategori baik). Presentase ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus I 61%, siklus II meningkat menjadi 88,8%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran kontekstual dengan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPS kelas V. Model pembelajaran kontekstual dengan media audio visual dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan simpulan, saran yang diberikan adalah bagi guru untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, bagi siswa agar meningkatkan motivasi dan minat siswa pada pembelajaran IPS sedangkan bagi lembaga pendidikan agar mengembangkan dan mensosialisasikan pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, kontekstual, Audio Visual.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 17:02
Last Modified: 30 Oct 2013 17:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18291

Actions (login required)

View Item View Item