Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Dengan Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Inquiry di Kelas XII Bahasa Semester I SMA N 11 Semarang Tahun Ajaran 2006/2007.


Bronto Suseno, 3101402006 (2007) Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Dengan Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Inquiry di Kelas XII Bahasa Semester I SMA N 11 Semarang Tahun Ajaran 2006/2007. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Dengan Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Inquiry di Kelas XII Bahasa Semester I SMA N 11 Semarang Tahun Ajaran 2006/2007.] PDF (Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Dengan Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Inquiry di Kelas XII Bahasa Semester I SMA N 11 Semarang Tahun Ajaran 2006/2007.) - Published Version
Download (327kB)

Abstract

Aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar yang masih minim merupakan salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar serta berdampak pada rendahnya tingkat ketuntasan belajar klasikal atau kelulusan klasikal. Penelitian ini bermaksud untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang sekaligus akan meningkatkan ketuntasan klasikal, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) Dapatkah hasil belajar siswa dicapai dengan pendekatan inquiry, 2) Apa faktorfaktor pendukung tercapainya pendekatan inquiry dalam KBM, dan 3) Bagaimana proses penggunaan pendekatan inqury dapat lebih efektif dalam pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui apakah pendekatan pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar, 2) Mengetahui faktorfaktor pendukung tercapainya pendekatan inquiry dalam KBM, 3) Mengetahui bagaimana proses penggunaan pendekatan inqury pada pembelajaran sejarah agar lebih efektif dan efisien. Manfaat dari penelitian ini adalah: 1) Membantu mempermudah siswa dalam menguasai materi sesuai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, 2) Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah, 3) Meningkatkan sikap mental, dan rasa tanggung jawab siswa dalam menyelesaikan tugas dari guru yang nantinya berguna bagi siswa dalam kehidupan bermasyarakat, 4) Membantu pencapaian target ketuntasan belajar, 5) Menambah referensi guru tentang pendekatan pengajaran, sehingga siswa tidak bosan, dan 6) Meningkatkan kemampuan guru dalam membuat persiapan pengajaran, sehinggga nantinya KBM dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap Perencanaan (Planning), Tindakan (Acting), Pengamatan (Observing), dan Refleksi (Reflecting). Setiap akhir siklus dilakukan refleksi atau evaluasi untuk mengetahui perkembangan yang terjadi dan untuk menentukan strategi berikutnya dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inquiry. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa yakni 68,7 % pada masa Pra Siklus, 70.7 % pada Siklus I dan 88,2% pada Siklus II. Hasil belajar (nilai rata-rata) mengalami peningkatan dari 63,2 pada masa Pra Siklus, 69,2 pada Siklus I dan 78,2 pada Siklus II. Sejalan dengan hasil belajar, tingkat ketuntasan klasikal- pun mengalami peningkatan yakni 48 % pada Pra Siklus, 76 % Siklus I, dan 96 % Silkus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan inquiry dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Pendekatan inquiry diharapkan dapat diterapkan pada materi yang lain dengan tujuan meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar, Inquiry
Subjects: D History General and Old World > DS Asia
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Apr 2011 07:10
Last Modified: 25 Apr 2015 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1829

Actions (login required)

View Item View Item