PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI ) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS 3 SD NEGERI 5 TAHUNAN JEPARA
Sofyan Hadi N, 1402908181 (2013) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI ) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS 3 SD NEGERI 5 TAHUNAN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI ) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS 3 SD NEGERI 5 TAHUNAN JEPARA)
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rendahnya kemampuan siswa, guru tidak menggunakan model pembelajaran yang tepat dan cara mengajar masih bersifat konvensianal. Pembelajaran hanya mencatat, mendengarkan ceramah guru saja, hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dalam menerima pelajaran, siswa belum di belajarkan melalui proses penemuan-penemuan yang berorientasi pada masalah dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah secara umum adalah Apakah melalui model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas 3 SD Negeri 5 Tahunan Jepara ?. Sedangkan secara khusus adalah (1) Apakah model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas 3 SD Negeri 5 Tahunan? (2) Apakah model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan ketrampilan guru dalam pembelajaran IPA kelas 3 SD Negeri 5 Tahunan? (3) Apakah melalui model Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA pada kelas 3 SD Negeri 5 Tahunan?. Tujuan umum dari penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada kelas 3 SD Negeri 5 Tahunan Jepara. Secara khusus adalah : (1) Meningkatkan hasil belajar IPA kelas 3 SD Negeri 5 Tahunan Jepara (2) Meningkatkan ketrampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran IPA kelas 3 SD Negeri 5 Tahunan Jepara. (3) Meningkatkan aktivitas belajar IPA siswa kelas 3 SD Negeri 5 Tahunan Jepara Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) yang diterapkan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas 3 SD Negeri 5 Tahunan Jepara. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes (observasi dan catatan lapangan). Sedangkan teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) keterampilan guru pada siklus 1 memperoleh skor 21 dengan kriteria baik; siklus 2 memperoleh skor 23 dengan kriteria baik. Pada siklus 3, skor yang diperoleh yaitu 27 dan termasuk dalam kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa memperoleh rata-rata pada siklus 1 adalah 23,18 dengan kriteria cukup; Siklus 2 memperoleh skor 28,18 dengan kriteria baik. Pada siklus 3, skor yang diperoleh yaitu 30,73 dengan kategori sangat baik. (3) Hasil belajar siswa memperoleh rata-rata persentase ketuntasan klasikal dari dua pertemuan pada siklus 1 adalah 62,6%. Siklus 2 memperoleh persentase ketuntasan klasikal adalah 73,2%. Pada siklus 3, persentase ketuntasan klasikal yaitu 79,9%. Hasil penelitian tersebut telah menunjukkan bahwa indikator keberhasilan telah tercapai sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil. Adapun simpulan penelitian ini, melalui model Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ketrampilan guru dan hasil aktivitas siswa kelas 3 SD Negeri 5 Tahunan Jepara. Saran bagi guru adalah perlu persiapan matang sebelum memulai pembelajaran dengan model Problem Based Instruction (PBI).
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Instruction (PBI), Kualitas Pembelajaran, IPA |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 22801 not found. |
Date Deposited: | 30 Oct 2013 16:41 |
Last Modified: | 30 Oct 2013 16:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18285 |
Actions (login required)
View Item |