MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MODIFIKASI PERMAINAN BOLA TANGAN MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN LUAR SEKOLAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 BANARAN KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG


YULI PURWANTO, 6102909086 (2011) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MODIFIKASI PERMAINAN BOLA TANGAN MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN LUAR SEKOLAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 BANARAN KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MODIFIKASI PERMAINAN BOLA TANGAN MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN LUAR SEKOLAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 BANARAN KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MODIFIKASI PERMAINAN BOLA TANGAN MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN LUAR SEKOLAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 BANARAN KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran pendidikan jasmanii melalui pendekatan lingkungan luar sekolah bagi siswa Sekolah Dasar dalam pembelajaran pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg and Gall yangtelah dimodifikasi yaitu: (1)Penelitian dan pengumpulan data meliputi. Pengukuran kebutuhan, studi literaturdan observasi lapangan. (2) Menyusun Rencana Penelitian , Membuat Daf awal Model pembelajaran drible, rumusan tujuan yang hendak dicapai, desain langkah-langkahpenelitian. (3) Pengembangan draf produk awal dengan evaluasi ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua orang ahli pembelajaran ,.4)Uji coba lapangan awal atau uji coba sklala kecil melibatkan subyek 14 siswa, selama uji coba dilakukan pengamatan oleh satu ahli dan dua orang ahli pembelajaran , setelah uji coba selesai siswa mengisi angket kuesioner. (5) revisi produk pertama , revisi berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil dengan melibatkan 14 siswa. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti. (6) Uji lapangan Skala Besar dengan melibatkan 35 siswa. (7) Revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan skala besar, (8) hasil akhir model pembelajaran drible pada permainan sepakbola melalui pendekatan lingkungan luar sekolah bagi siswa sekolah dasar yang dihasilkan dari melalui revisi uji lapangan skala besar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli(satu ahli Penjas dan dua orangahli pembelajaran), uji coba skala kecil dengan 14 siswa sedang uji skala besar dengan 35 siswa Sekolah Dasar Negeri 02 Banaran Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Data berupa hasil penilaian mengenahi kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Tekhnik analisis yang digunakan adalah Deskriptif prosentase untuk mengungkap aspek kognitif. Afektif dan psikomotorik siswa etelah menggunkana produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu ahli penjas 76 %, (baik), ahli pembelajaran I 75%, (baik) dan ahli pembelajaran II 74 % (baik), Uji coba kelompok kecil 91 % (sangat baik), dan uji lapangan skala besar 93 % (sangat baik). Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pendidikan jasmani modifikasi bola tangan melalui pendekatan lingkungan luar sekolah ini apat digunakan bagi siswa kelas V SD Negeri 02 Banaran Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang, dan Sekolah Dasar lain

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 16:41
Last Modified: 30 Oct 2013 16:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18282

Actions (login required)

View Item View Item