PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACAKAN TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL BERMAIN PERAN MELALUI MEDIA AUDIO REKAMAN PEMBACAAN TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII-A MTS NEGERI 1 SEMARANG
Gayuh Larasati, 2101409091 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACAKAN TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL BERMAIN PERAN MELALUI MEDIA AUDIO REKAMAN PEMBACAAN TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII-A MTS NEGERI 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACAKAN TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL BERMAIN PERAN MELALUI MEDIA AUDIO REKAMAN PEMBACAAN TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII-A MTS NEGERI 1 SEMARANG)
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Salah satu jenis membaca yang dibagi berdasarkan terdengar atau tidaknya suara pembaca sewaktu membaca yakni keterampilan membaca nyaring. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap guru Bahasa Indonesia di MTs N 1 Semarang tingkat keterampilan kompetensi membacakan teks berita masih rendah. Rendahnya nilai yang diperoleh siswa antara lain disebabkan oleh faktor dari siswa itu sendiri, yakni 1) sikap siswa yang kurang tertarik dan meremehkan pada pembelajaran, 2) siswa kurang memerhatikan tanda baca dan penjedaan dalam teks berita yang dibaca, 3) siswa kurang memahami ramburambu keterampilan membacakan berita, dan 3) siswa kurang percaya diri saat tampil di depan kelas. Kendala lain berasal dari guru yang terkait dengan model dan media pembelajarannya. Guru pengampu hanya menerapkan contoh pemodelan sederhana yang ia lakukan sendiri. Sedangkan untuk media ada keterbatasan sehingga proses pembelajaran kompetensi ini kurang maksimal. Berdasarkan fenomena di atas peneliti berupaya mengatasi permasalahan dengan menggunakan model bermain peran dan media audio rekaman pembacaan teks berita. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini mengkaji tentang proses pembelajaran, peningkatan keterampilan membacakan teks berita, dan perubahan perilaku siswa kelas VIII-A MTs Negeri 1 Semarang setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model bermain peran melalui media audio rekaman pembacaan teks berita. Adapun tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan proses pembelajaran, peningkatan keterampilan membacakan teks berita, dan perubahan perilaku siswa kelas VIII-A MTs Negeri 1 Semarang setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model bermain peran melalui media audio rekaman pembacaan teks berita. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru, karena hasil penelitian ini dapat memberikan alternatif dalam membelajarkan keterampilan membacakan teks berita. Selain itu, bermanfaat bagi siswa dengan membantu pemahaman siswa terhadap pembelajaran membacakan teks berita sehingga kesulitan-kesulitan bisa teratasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus, yaitu, siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yakni keterampilan membacakan teks berita siswa kelas VIII. Adapun sumber data berasal dari siswa-siswi kelas VIII-A MTs Negeri 1 Semarang yang terdiri atas 32 siswa. Alat pengambilan data berupa instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa pengambilan nilai keterampilan membacakan teks berita. Instrumen nontes berupa pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Adapun analisis data tes dilakukan secara kuantitatif, sedangkan analisis data nontes dilakukan secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran membacakan teks berita menggunakan model bermain peran melalui media audio rekaman pembacaan teks berita mengalami peningkatan, yaitu : intensifnya proses internalisasi penumbuhan minat siswa untuk membacakan teks berita, kondusifnya proses menyimak media audio rekaman pembacaan teks berita yang diputarkan guru, kondusifnya proses diskusi dalam memberikan tanda penjedaan dan intonasi di teks berita sesuai media yang diperdengarkan guru, intensifnya proses membacakan teks berita sesuai dengan aspek-aspek yang dijelaskan guru, kondusifnya proses menyimak penampilan siswa yang maju, dan reflektifnya suasana saat kegiatan refleksi pada akhir pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa keterampilan membacakan teks berita mengalami peningkatan. Hasil tes keterampilan membacakan teks berita pada siklus I diperoleh rata-rata 66,5. Setelah dilakukan tindakan siklus II diperoleh nilai ratarata 80,6. Hasil tes tersebut mengalami peningkatan sebesar 14,1 atau 21,2%. Peningkatan keterampilan membacakan teks berita juga diikuti perubahan perilaku siswa. Perubahan perilaku siswa berupa uraian perilaku meliputi kesiapan, keseriusan, keaktifan, kedisiplinan, kerja sama, keberanian, dan kepedulian. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang dapat diberikan peneliti kepada guru bahasa dan sastra Indonesia agar menerapkan model bermain peran dan media audio rekaman pembacaan teks berita dalam pembelajaran keterampilan membacakan teks berita karena terbukti dapat mendorong keakttifan dan keberanian siswa dalam pembelajaran membacakan teks berita. Penggunaan media audio rekaman pembacaan teks berita dapat menumbuhkan minat dan motivasi siswa dalam membangun gambaran mengenai pembacaan teks berita yang baik dan benar. Selain itu, agar peneliti lain membenahi dan mengembangkan model dan media yang digunakan agar memberikan pembelajaran yang lebih menyenangkan, menginspirasi, dan memotivasi sehingga siswa lebih mudah menerima materi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan membacakan teks berita, model bermain peran, media audio rekaman pembacaan teks berita |
Subjects: | P Language and Literature > PC Romance languages P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 1771 not found. |
Date Deposited: | 30 Oct 2013 16:04 |
Last Modified: | 30 Oct 2013 16:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18270 |
Actions (login required)
View Item |