FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN DIIT PASIEN HIPERTENSI (Studi Pada Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Tahun 2013)

Arista Novian, 6450406579 (2013) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN DIIT PASIEN HIPERTENSI (Studi Pada Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Tahun 2013). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN DIIT PASIEN HIPERTENSI (Studi Pada Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Tahun 2013))
Download (2904Kb)

    Abstract

    Hipertensi merupakan penyakit degeneratif yang munculnya tidak disadari. Faktor penyebab hipertensi dapat terjadi karena keturunan, umur, pola makan yang salah, aktifitas yang kurang, gaya hidup dan pikiran atau stres. Kepatuhan diit adalah suatu aturan perilaku yang disarankan oleh perawat, dokter atau tenaga kesehatan terhadap diit yang dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kepatuhan diit pasien hipertensi (studi pada pasien rawat jalan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Penelitian ini merupakan penelitian explanation research dengan pendekatan secara cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien diit hipertensi rawat jalan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Sampel berjumlah 24 pasien. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji Chi Square dengan nilai signifikansi alpha 5% ( = 0,05) dengan uji fisher sebagai alternatifnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan antara tingkat pendidikan (p=0,036), tingkat pengetahuan (p=0,022), peran keluarga (p=0,008), peran petugas kesehatan (p=0,011) dengan kepatuhan diit pasien hipertensi dan tidak ada hubungan antara umur (p=0,240), jenis kelamin (p=0,421), pekerjaan (p=0,403) dengan kepatuhan diit pasien. Saran bagi keluarga yaitu selalu memberikan motivasi dan kepedulian terhadap kesembuhan pasien. Kesembuhan pasien ini harus ditunjang dengan partisipasi petugas kesehatan dalam meningkatkan pemahaman pasien terhadap diit hipertensi

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Faktor, Kepatuhan Diit Hipertensi, Rawat Jalan
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
    Depositing User: nurellla perpus unnes
    Date Deposited: 30 Oct 2013 12:03
    Last Modified: 30 Oct 2013 12:03

    Actions (login required)

    View Item