PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SDN 02 PRAWOTO PATI


Joko Pujiyantoro, 1402908142 (2012) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SDN 02 PRAWOTO PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SDN 02 PRAWOTO PATI]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SDN 02 PRAWOTO PATI)
Download (21MB) | Preview

Abstract

Observasi awal terhadap pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas IV SDN 02 Prawoto Pati. menunjukan hasil belajar belum maksimal, terlihat pencapaian ketuntasan klasikalnya adalah 45%, diimplikasikan karena pembelajaran belum secara optimal memberikan kesempatan siswa agar mampu bekerja sendiri, menemukan sendiri dan mengkontruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan barunya, guru juga belum secara optimal melakukan kegiatan inquiri untuk semua topik, belum memaksimalkan pengembangan sifat ingin tahu siswa, pengkondisian terhadap masyarakat belajar, penggunaan model sebagai contoh pembelajaran, kegiatan refleksi di akhir pertemuan serta penilaian yang sebenarnya dengan berbagai cara atau metode. Pembelajaran IPA di SD bertujuan agar siswa mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dasar yang berguna bagi dirinya dalam kehidupan sehari-hari. Sasaran yang ingin dicapai dalam pembelajaran IPA di SD meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomorik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni apakah pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL), dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain putaran spiral menggunakan II siklus pembelajaran. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 02 Prawoto Pati. Variabel penelitian ini adalah : (1) Keterampilan guru dalam pembelajaran, (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan (3) hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mengamati berlangsungnya proses pembelajaran, dokumentasi untuk mengetahui data siswa, untuk mengetahui pendapat siswa dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA Hasil penelitian menunjukkan kualitas pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) mengalami penigkatan. Siklus I keterampilan guru dalam pembelajaran dengan kualifikasi Sangat Baik (SB), yakni 87,5% dan pada siklus II meningkat 11,3% menjadi 98,8% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB), untuk aktivitas siswa pada siklus I dengan kualifikasi Baik (B), yakni 72,85% dan pada siklus II meningkat 8,85% menjadi 81,7% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB), sedangkan untuk hasil belajar siswa pada pra siklus, kualifikasi ketuntasan klasikalnya adalah 45%, dan pada siklus I dan II sama-sama dengan hasil 100% Simpulan dalam penelitian ini model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Saran secara umum yang dapat diberikan adalah pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran IPA yang memiliki hambatan kurang optimalnya keterampilan guru dalam pembelajaran, aktivitas siswa dalam pembelajaran serta rendahnya ketuntasan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Contextual Teaching And Learning (CTL).
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 16:32
Last Modified: 30 Oct 2013 16:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18266

Actions (login required)

View Item View Item