ANALISIS HUBUNGAN PENERAPAN KELUARGA SADAR GIZI (KADARZI) DENGAN STATUS GIZI BALITA (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Gabus II Kabupaten Pati)


Ratnasari Riyayawati, 6450406530 (2013) ANALISIS HUBUNGAN PENERAPAN KELUARGA SADAR GIZI (KADARZI) DENGAN STATUS GIZI BALITA (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Gabus II Kabupaten Pati). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS HUBUNGAN PENERAPAN KELUARGA SADAR GIZI (KADARZI) DENGAN STATUS GIZI BALITA (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Gabus II Kabupaten Pati)]
Preview
PDF (ANALISIS HUBUNGAN PENERAPAN KELUARGA SADAR GIZI (KADARZI) DENGAN STATUS GIZI BALITA (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Gabus II Kabupaten Pati))
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keluarga Sadar Gizi (KADARZI) adalah keluarga yang seluruh anggota keluarganya melakukan perilaku gizi seimbang, mampu mengenali masalah kesehatan dan gizi bagi tiap anggota keluarganya, dan mampu mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah gizi yang dijumpai oleh tiap anggota keluarganya.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan penerapan keluarga sadar gizi dengn status gizi balita di Puskesmas Gabus II Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian menggunakan desain penelitian Cross Sectional. Populasi dalam penelitian adalah balita usia 6-59 bulan sebanyak 415 balita. Sampel berjumlah 44 balita. Instrumen penelitian ini adalah mikrotoa, timbangan dacin, iodina test dan kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat (menggunakan uji Chi- Square). Hasil uji Chi-Square dengan taraf kepercayaan 95% dan tingkat kemaknaan (α) 0,05 diperoleh p value = 0,000, lebih kecil dari 0,05 (p value < 0,05) maka Ha diterima. Simpulannya adalah ada hubungan penerapan keluarga sadar gizi dengan status gizi balita di Puskesmas Gabus II Kabupaten Pati. Saran yang diajukan kepada: (1) Pihak masyarakat, Untuk meningkatkan status gizi keluarga, maka harus mempertahankan dan meningkatkan penerapan perilaku keluarga sadar gizi; (2) Pihak Puskesmas, agar lebih mensosialisasikan Keluarga Sadar Gizi (Kadarzi) pada masyarakat dan membekali kader tentang teknik promosi kesehatan yang efektif sesuai sasaran untuk memudahkan dalam penerapannya dalam upaya peningkatan gizi di wilayah tersebut; (3) dapat melakukan penelitian tidak hanya pada keluarga balita tetapi kepada seluruh keluarga serta menambah populasi yang lebih besar sehingga dapat diperoleh gambaran penerapan kadarzi pada berbagai karakteristik keluarga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keluarga Sadar Gizi, Status Gizi, Balita
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 16:22
Last Modified: 30 Oct 2013 16:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18257

Actions (login required)

View Item View Item