PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBANTUAN MODUL PADA KOMPETENSI MENGUNAKAN ALAT ALAT UKUR (MEASURING TOOLS EXPERIENTIAL LEARNING TOOLS) KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN ALAT- )

Agus Joko Purnomo, 5201409109 (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBANTUAN MODUL PADA KOMPETENSI MENGUNAKAN ALAT ALAT UKUR (MEASURING TOOLS EXPERIENTIAL LEARNING TOOLS) KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN ALAT- ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBANTUAN MODUL PADA KOMPETENSI MENGUNAKAN ALAT ALAT UKUR (MEASURING TOOLS EXPERIENTIAL LEARNING TOOLS) KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN ALAT- ))
Download (780Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian eksperimen ini adalah untuk mengetahui mana yang lebih baik antara penerapan model pembelajaran experiential learning berbantuan modul dengan model pembelajaran langsung pada kompetensi menggunakan alatalat ukur (measuring tools) siswa kelas X TKR SMK Negeri 3 Semarang tahun ajaran 2012/2013. Permasalahan pada penelitian ini adalah hasil belajar mana yang lebih baik diantara kedua model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen jenis pre-test – post-test control group design, yaitu adanya pre test dan post test pada kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil analisis data pre-test menunjukan bahwa data berdistribusi normal, homogen dan memiliki kesamaan keadaan awal sehingga dapat dilakukan pembandingan data setelah dilakukan perlakuan. Hasi analisis data post test menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan penerapan model pembelajaran experiential learning berbantuan modul lebih baik dari pada model pembelajaran langsung yang digunakan di sekolah. Hal itu terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen setelah diberikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran experiential learning berbantuan modul sebesar 83,63 sedangkan pada kelompok kontrol dengan penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung sebesar 73,13. Hasil uji-t diperoleh thitung = 5,35, pada taraf signifkansi (α) 5% diperoleh ttabel = 2,00, karena t hitung > t tabel maka ada perbedaan signifikan hasil belajar post test antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Simpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar dari penerapan model pembelajaran experiential learning berbantuan modul lebih baik dibanding dengan model pembelajaran langsung pada kompetensi menggunakan alat-alat ukur (measuring tools) siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 3 Semarang tahun ajaran 2012/2013. Model pembelajaran experiential learning sudah teruji keberhasilan hasil belajarnya sehingga dapat digunakan sebagai referensi guru dalam mengajar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: experiential learning, alat-alat ukur (measuring tools).
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
    Depositing User: bukhomirah perpus unnes
    Date Deposited: 30 Oct 2013 12:22
    Last Modified: 30 Oct 2013 12:22

    Actions (login required)

    View Item