PENINGKATANKETERAMPILANMENULISTEKS BERITA MELALUIMODELKOOPERATIFTIPE TTW(THINKTALKWRITE) DENGANMEDIAVIDEOPERISTIWA PADASISWAKELAS VIIIA SMPNEGERI 1KALIWUNGU KABUPATENKUDUS TAHUNAJARAN2012/2013


Diah Kartika Sari, 2101409056 (2013) PENINGKATANKETERAMPILANMENULISTEKS BERITA MELALUIMODELKOOPERATIFTIPE TTW(THINKTALKWRITE) DENGANMEDIAVIDEOPERISTIWA PADASISWAKELAS VIIIA SMPNEGERI 1KALIWUNGU KABUPATENKUDUS TAHUNAJARAN2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATANKETERAMPILANMENULISTEKS BERITA MELALUIMODELKOOPERATIFTIPE TTW(THINKTALKWRITE) DENGANMEDIAVIDEOPERISTIWA PADASISWAKELAS VIIIA SMPNEGERI 1KALIWUNGU KABUPATENKUDUS TAHUNAJARAN2012/2013]
Preview
PDF (PENINGKATANKETERAMPILANMENULISTEKS BERITA MELALUIMODELKOOPERATIFTIPE TTW(THINKTALKWRITE) DENGANMEDIAVIDEOPERISTIWA PADASISWAKELAS VIIIA SMPNEGERI 1KALIWUNGU KABUPATENKUDUS TAHUNAJARAN2012/2013)
Download (49MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis teks berita merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang tidak kalah penting dibanding keterampilan berbahasa yang lain. Peningkatan keterampilan menulis teks berita perlu ditingkatkan dengan model dan media pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif serta mampu berpikir kritis dengan cara bekerja sama dengan kelompok secara bertanggung jawab adalah model pembelajaran inovatif yang harus diterapkan kepada siswa. Salah satu model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran menulis teks berita adalah model kooperatif tipe TTW (Think Talk Write). Selain model yang inovatif, untuk menunjang keberhasilan dalam peningkatan keterampilan menulis teks berita diperlukan juga media pembelajaran yang inovatif juga. Media pembelajaran yang tidak hanya menarik tetapi juga dapat merangsang siswa untuk berpikir kreatif. Media pembelajaran yang tepat adalah media video peristiwa. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana proses keterampilan menulis teks berita melalui model kooperatif tipe TTW (Think TalkWrite) dengan media video peristiwa, bagaimana peningkatan keterampilan menulis teks berita melalui model kooperatif tipe TTW (Think Talk Write) dengan media video peristiwa, serta bagaimana perubahan perilaku siswa setelah diterapkan model kooperatif tipe TTW dengan media video peristiwa saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran, peningkatan menulis teks berita, dan perubahan perilaku siswa selama mengikuti pembelajaran dengan model kooperatif tipe TTW dengan media video peristiwa. Manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini ada dua macam, yaitu manfaat praktis dan manfaat teoretis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII A SMP 1 Kaliwungu Kudus. Penelitian ini terbagi atas tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan soal tes, observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif menunjukkan hasil tes menulis teks berita, sedangkan data kualitatif menunjukkan proses pembelajaran dan perubahan perilaku siswa. iii Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran menulis teks berita melalui model kooperatif tipe TTW (Think Talk Write) dengan media video peristiwa mengalami perubahan lebih baik. Proses pembelajaran terjadi dua kali pertemuan pada setiap siklusnya. Kualitas pembelajaran meningkat dari prasiklus, siklus I ke siklus II. Berdasarkan data tes nilai rata-rata kelas pada tahap prasiklus 60,15, sedangkan pada siklus I sebesar 66,44, serta siklus II mencapai 80,59. Hal ini menunjukkan peningkatan dari tahap prasiklus ke siklus II mencapai 33,98%. Berdasarkan hasil nontes, siswa juga mengalami perubahan perilaku. Siswa yang pada tahap prasiklus banyak melakukan sikap negatif seperti tidak memperhatikan penjelasan peneliti, tidak aktif dalam berkelompok, serta enggan bertanya ketika mengalami kesulitan, pada siklus I dan pada siklus II mulai menunjukkan perilaku yang positif. Model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think Talk Write) dengan media video peristiwa mampu meningkatkan keterampilan menulis teks berita pada siswa. Oleh karena itu, siswa, guru, dan lembaga pendidikan dapat menggunakan model kooperatif tipe TTW (Think Talk Write) dengan media video peristiwa dalam upaya meningkatkan hasil pembelajaran menulis teks berita.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menulis berita, model kooperatif tipe TTW, media video peristiwa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 16:23
Last Modified: 30 Oct 2013 16:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18254

Actions (login required)

View Item View Item