PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA MENGGUNAKAN METODE LISTENING IN ACTION DAN TEKNIK RANGSANG TEKS RUMPANG MELALUI MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS VIII B SMP N 2 BOJA


Nuruddin Aji Harviyanto, 2101409039 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA MENGGUNAKAN METODE LISTENING IN ACTION DAN TEKNIK RANGSANG TEKS RUMPANG MELALUI MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS VIII B SMP N 2 BOJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA MENGGUNAKAN METODE LISTENING IN ACTION DAN TEKNIK RANGSANG TEKS RUMPANG MELALUI MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS VIII B SMP N 2 BOJA]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA MENGGUNAKAN METODE LISTENING IN ACTION DAN TEKNIK RANGSANG TEKS RUMPANG MELALUI MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS VIII B SMP N 2 BOJA)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menyimak berita merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa kelas VIII. Keterampilan menyimak tidak didapatkan secara alamiah, melainkan dengan cara latihan yang dilakukan secara teratur dan berulang-ulang. Penggunaan metode dan media pembelajaran yang tepat merupakan hal yang harus diperhatikan oleh guru agar tujuan pembelajaran menyimak berita dapat tercapai. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII B SMP N 2 Boja masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain dari faktor siswa dan faktor guru. Faktor dari siswa yaitu (1) siswa sering kali meremehkan pembelajaran menyimak, khususnya menyimak berita; (2) suasana kelas kurang kondusif; dan (3) siswa kesulitan untuk menemukan pokok-pokok berita. Sedangkan dari faktor guru yaitu (1) penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat dan kurang bervariasi, sehingga terkesan monoton; dan (2) guru jarang menggunakan media pembelajaran sehingga siswa merasa jenuh. Sebagai upaya memperbaiki kondisi tersebut, maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Listening In Action dan teknik rangsang teks rumpang melalui Media Audio dalam pembelajaran menyimak berita siswa kelas VIII B SMP N 2 Boja. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah proses pembelajaran menyimak berita siswa kelas VIII B SMP N 2 Boja; (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menyimak berita pada siswa kelas VIII B SMP N 2 Boja; dan (3) bagaimana perubahan perilaku belajar siswa kelas VIII B SMP N 2 Boja setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menyimak berita menggunakan metode Listening In Action dan teknik rangsang teks rumpang melalui media audio. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui proses pembelajaran kelas VIII B SMP N 2 Boja; (2) mengetahui peningkatan keterampilan menyimak berita pada siswa kelas VIII B SMP N 2 Boja; dan (3) mengetahui perubahan perilaku belajar siswa kelas VIII B SMP N 2 Boja setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menyimak berita dengan menggunakan metode Listening In Action dan teknik rangsang teks rumpang melalui media audio. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II dengan nilai ketuntasan minimal 75. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII B SMP N 2 Boja. Pengumpulan data pada tahap prasiklus menggunakan teknik tes, sedangkan pada tahap siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen nontes berupa pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data tes dilakukan secara kuantitatif, sedangkan data nontes dilakukan secara kualitatif. Proses pembelajaran menyimak berita menggunakan metode Listening In Action dan teknik rangsang teks rumpang melalui media audio berjalan dengan lancar dan kondusif. Hasil tes siklus I siswa mengalami peningkatan dari hasil tes prasiklus sebesar 11,75% yaitu dari 59,84 menjadi 66,87. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 79,22 terjadi peningkatan sebesar 18,47% dari siklus I yaitu dari 66,87 menjadi 79,22. Adapun perilaku belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami perubahan ke arah yang positif. Perubahan perilaku belajar tersebut dapat dibuktikan dengan siswa yang menunjukan keantusiasan yang lebih baik selama proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II. Siswa awalnya kurang serius dalam pembelajaran menyimak berita, akhirnya menjadi serius dan semangat dalam mengikuti pembelajaran menyimak berita. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah (1) guru bahasa dan sastra Indonesia dapat memanfaatkan metode Listening In Action dan teknik rangsang teks rumpang melalui media audio dalam pembelajaran menyimak berita, karena dapat meningkatkan kemampuan menyimak berita dan mengubah perilaku belajar siswa ke arah yang positif, dan (2) peneliti dalam bidang pendidikan dan bahasa dapat melakukan penelitian lanjutan mengenai pembelajaran menyimak berita dengan metode, teknik dan media yang berbeda atau dengan memadukan metode pembelajaran yang lain, sehingga didapatkan alternatif lain untuk pembelajaran menyimak yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik lag

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menyimak berita, metode listening in action, teknik rangsang teks rumpang, media audio
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 16:26
Last Modified: 30 Oct 2013 16:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18251

Actions (login required)

View Item View Item