ANALISIS USAHA PEREMPUAN PEMECAH BATU DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN KELUARGA DI DESA REBUG KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO

ARIS SULISTIYANTO, 7450408083 (2013) ANALISIS USAHA PEREMPUAN PEMECAH BATU DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN KELUARGA DI DESA REBUG KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS USAHA PEREMPUAN PEMECAH BATU DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN KELUARGA DI DESA REBUG KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO)
Download (1004Kb)

    Abstract

    Usaha memecah batu merupakan salah satu usaha kecil di Desa Rebug Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo, usaha ini didominasi oleh kaum perempuan. Usaha memecah batu ini merupakan usaha sambilan yang dilakukan oleh para perempuan sehingga penghasilan dari usaha ini mampu berkontribusi terhadap pemenuhan kebutuhan keluarga. Mengingat akan manfaatnya yang besar dan usaha kasar ini yang dilakukan oleh kaum perempuan demi berkontribusi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah usaha perempuan pemecah batu di Desa Rebug Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo?. (2) Bagaimana tingkat pendapatan dan kebutuhan rumah tangga perempuan pemecah batu?. (3) Bagaimana kendala usaha perempuan pemecah batu di desa Rebug dan bagaimana solusi menghadapi kendala tersebut?. (4) Berapa besar kontribusi yang diberikan perempuan pemecah batu di Desa Rebug Kec. Kemiri Kab. Purworejo terhadap pemenuhan kebutuhan keluarga?. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh perempuan pemecah di Desa Rebug Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo sebanyak 37 perempuan pemecah batu). Pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode alat analisis presentase kontribusi pendapatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Dilihat dari hasil penelitian rata-rata tingkat pendapatan perempuan dari usaha memecah batu di Rebug Kecamatan Kemiri kabupaten Purworejo adalah sebesar Rp 360.135;00. Pendapatan tertinggi sebesar Rp 500.000;00 dan pendapatan terendah sebesar Rp 300.000;00. (2) Berdasarkan analisis persentase kontribusi pendapatan usaha perempuan pemecah batu terhadap pemenuhan kebutuhan keluarga diperoleh pendapatan perempuan sebagai pemecah batu berpengaruh terhadap pendapatan total rumah tangga sebesar 39,45%. (3) Berdasarkan analisis persentase kontribusi pendapatan usaha perempuan pemecah batu terhadap pemenuhan kebutuhan keluarga diperoleh pendapatan perempuan sebagai pemecah batu berpengaruh terhadap rata-rata biaya pemenuhan kebutuhan rumah tangga sebesar sebesar 50,70%. (4) Berdasarkan hasil penelitian kendala utama yang dihadapi perempuan pemecah batu adalah panas dan beban berat batu saat menggendong dari sungai kendala lain adalah, gatal, tidak bisa bekerja optimal saat musim banjir atau penghujan, masalah pemasaran, harga pecahan batu yang rendah tidak sesuai dengan apa yang mereka kerjakan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Perempuan, Usaha, Pendapatan, Kebutuhan
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
    Depositing User: sunarti perpus unnes
    Date Deposited: 30 Oct 2013 12:08
    Last Modified: 30 Oct 2013 12:12

    Actions (login required)

    View Item