PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI DENGAN METODE PENCARIAN INFORMASI MELALUI MEDIA KARTUN BERCERITA PADA KELAS VII D SMP NEGERI 30 SEMARANG


Rumiana, 2101409006 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI DENGAN METODE PENCARIAN INFORMASI MELALUI MEDIA KARTUN BERCERITA PADA KELAS VII D SMP NEGERI 30 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI DENGAN METODE PENCARIAN INFORMASI MELALUI MEDIA KARTUN BERCERITA PADA KELAS VII D SMP NEGERI 30 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI DENGAN METODE PENCARIAN INFORMASI MELALUI MEDIA KARTUN BERCERITA PADA KELAS VII D SMP NEGERI 30 SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan siswa dalam mengubah teks wawancara menjadi narasi di SMP N 30 Semarang masih rendah. Berdasarkan beberapa sebab rendahnya kualitas menulis siswa, maka disimpulkan perlu penanganan s dalam pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi narasi. Diperlukannya suatu metode pembelajaran menulis yang efektif dan efisien. Diharapkan penerapan metode pencarian informasi dan penggunaan media kartun bercerita mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam mengubah teks wawancara menjadi narasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah proses pembelajaran Mengubah Teks Wawancara Menjadi Narasi dengan Menggunakan Metode Pencarian Informasi dan Media Kartun Bercerita, (2) bagaimanakah peningkatan hasil pembelajaran Mengubah Teks Wawancara Menjadi Narasi dengan Menggunakan Metode Pencarian Informasi dan Media Kartun Bercerita, dan (3) bagaimanakah perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran Mengubah Teks Wawancara Menjadi Narasi dengan Menggunakan Metode Pencarian Informasi dan Media Kartun Bercerita di SMP N 30 Semarang. Selaras dengan rumusan masalah, tujuan penelitian ada tiga yaitu mendeskripsi proses, memaparkan peningkatan keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi dan menjelaskan perubahan perilaku siswa. Proses pembelajaran siklus II berjalan lebih tertib dan lancar dibandingkan siklus I. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi kelas VIID SMP N 30 Semarang dengan metode pencarian informasi melalui kartun bercerita. Pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 70,7 dan termasuk dalam kategori cukup dan masih jauh dari kriteria ketuntasan minimal di sekolah yaitu 75 dan juga belum mencapai target ketuntasan penelitian sebesar 77. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat 14,6% menjadi 81 dan masuk dalam kategori baik. Perolehan hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan metode pencarian informasi melalui kartun bercerita pada siswa kelas VIID SMP N 30 Semarang berhasil. Perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan metode pencarian informasi melalui kartun bercerita mengalami perubahan ke arah yang lebih positif. Siswa yang sebelumnya kurang antusias dengan pembelajaran menulis menjadi lebih antusias mengikuti pembelajaran. Siswa yang pada siklus I masih gaduh, sudah tidak terlihat gaduh lagi pada siklus II. Saran pada penelitian ini ditujukan kepada guru agar pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan metode pencarian informasi melalui kartun bercerita dapat dijadikan alternatif bagi pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi narasi. Bagi peneliti lain disarankan agar melakukan penelitian serupa dengan menggunakan strategi, teknik, atau metode yang lain agar memberikan alternatif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi, metode pencarian informasi, media kartun bercerita.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 16:30
Last Modified: 30 Oct 2013 16:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18245

Actions (login required)

View Item View Item