PERANAN MODUL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN ANALISIS KERUSAKAN SISTEM REM ABS (ANTI-LOCK BRAKE SISTEM)


Indra Hermawan, 5201409082 (2013) PERANAN MODUL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN ANALISIS KERUSAKAN SISTEM REM ABS (ANTI-LOCK BRAKE SISTEM). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANAN MODUL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN ANALISIS KERUSAKAN SISTEM REM ABS (ANTI-LOCK BRAKE SISTEM)]
Preview
PDF (PERANAN MODUL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN ANALISIS KERUSAKAN SISTEM REM ABS (ANTI-LOCK BRAKE SISTEM))
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar dengan penerapan modul pembelajaran sistem rem ABS (anti-lock brake sistem) sebagai alat bantu pembelajaran terhadap kompetensi Casis dan Pemindah Daya kelas XI TKR SMK Negeri 1 Rembang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain eksperimen sejati (True Eksperimental), yaitu penentuan subjek pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dilakukan secara acak. Rancangan yang digunakan penelitian ini adalah desain prates-pascates. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TKR A,B, dan C SMK Negeri 1 Rembang tahun ajaran 2012/2013. Penentuan kelompok perlakuan dilakukan secara random selection. Penelitian mengambil 2 kelas ada yang dijadiakan kelas kontrol dan eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes, analisis data dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh, bahwa terjadi peningkatan hasil belajar. Hal ini ditnjukkan dengan t-test dua pihak menghasilkan t hitung ≥ ttabel yaitu 1,67. Pengujian peningkatan hasil belajar dilakukan dengan dengan cara deskriptif presentase yaitu membandingkan selisih antara nilai awal rata-rata hasil belajar dengan nilai akhir rata-rata hasil belajar pada tiap kelompok. Selisih nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 18,29, jadi terjadi peningkatan 25,70%. Hasil belajar pada peserta didik pada kompetensi Casis dan Pemindah Daya mengalami peningkatan dengan bantuan modul pembelajaran ABS (antilock brake sistem) dengan hasil uji-t yang diperoleh adalah thitung sebesar 2,194 dan nilai ttabel sebesar 1,67. Karena nilai thitung lebih besar dari ttabel maka hipotesis “ Ada peningkatan pemahaman dan analisis kerusakan pada materi sistem rem ABS (anti-lock brake sistem) pada kelompok peserta didik yang dikenai pembelajaran cermah yang dilengkapi modul pembelajaran” telah terbukti. Saran yang dikemukakan adalah, penggunaan modul pembelajaran terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, maka perlu diadakan penelitian serupa sebagai alternative alat bantu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: peranan, modul pembelajaran, pemahaman dan analisis kerusakan.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 16:24
Last Modified: 30 Oct 2013 16:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18243

Actions (login required)

View Item View Item