Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Model Examples Non Examples Melalui Media Gambar Animasi Pada Siswa Kelas IV SDN Kalisari Batang


Maryam, 1402908137 (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Model Examples Non Examples Melalui Media Gambar Animasi Pada Siswa Kelas IV SDN Kalisari Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES MELALUI MEDIA GAMBAR ANIMASI PADA SISWA KELAS IV SDN KALISARI BATANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES MELALUI MEDIA GAMBAR ANIMASI PADA SISWA KELAS IV SDN KALISARI BATANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Selama ini pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri Kalisari Kabupaten Batang terutama pada materi menulis karangan, siswa masih kesulitan untuk menuangkan ide dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Oleh karena itu, peneliti melakukan tindakan dengan penerapan model examples non examples dan media gambar animasi untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: (1) apakah model examples non examples melalui media gambar animasi dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IV SDN Kalisari Kabupaten Batang?, (2) apakah model examples non examples melalui media gambar animasi dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran?, dan (3) apakah model examples non examples melalui media gambar animasi dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Kalisari Kabupaten Batang? Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru Kelas IV SD Negeri Kalisari Kecamatan Reban Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2011/2012, dengan jumlah siswa sebanyak 10 siswa yang terdiri 8 siswa putra dan 2 siswa putri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian membuktikan bahwa model examples non examples melalui media gambar animasi dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Kalisari Kabupaten Batang. Hal itu terlihat dari data observasi aktivitas siswa siklus I memperoleh persentase sebesar 54,6 % kemudian siklus II meningkat menjadi 75,4 %. Pada observasi keterampilan guru siklus I memperoleh persentase sebesar 70,83 % siklus II meningkat menjadi 83,3 %. Untuk hasil keterampilan menulis karangan narasi siswa siklus I memperoleh rata-rata nilai tes sebesar 66,1 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 60 %. Siklus II rata-rata nilai tes meningkat menjadi 80,4 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 90 %. Simpulan penelitian ini adalah model examples non examples dan media gambar animasi sebagai solusi yang efektif karena terbukti mampu meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Disarankan dapat dimanfaatkan sebagai masukan atau bahan pertimbangan guru, khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Narasi, Examples Non Examples, Gambar Animasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 16:29
Last Modified: 30 Oct 2013 16:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18241

Actions (login required)

View Item View Item