PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SDN 5 MAYONGLOR KABUPATEN JEPARA


BAHRUDIN ARDI, A. Ma , 1402908125 (2013) PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SDN 5 MAYONGLOR KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SDN 5 MAYONGLOR KABUPATEN JEPARA]
Preview
PDF (PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SDN 5 MAYONGLOR KABUPATEN JEPARA)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan dalam pembelajaran IPA, siswa diharapkan memperoleh pemahaman terhadap sejumlah konsep dan melatih sikap, nilai, dan ketrampilannya berdasarkan konsep yang telah dimilikinya. Observasi awal yang diperoleh peneliti menunjukkan pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas V SDN 5 Mayonglor Jepara belum optimal. Pendekatan dan media yang digunakan guru kurang bervariasi. Hal tersebut menyebabkan materi IPA masih sulit dipahami oleh siswa dan membuat siswa menjadi kurang aktif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan keterampilan guru, aktifitas siswa dan hasil belajar siswa pada kelas V SDN 5 Mayonglor Jepara? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN 5 Mayonglor Jepara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 5 yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki serta guru kelas V SDN 5 Mayonglor Jepara. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri atas 1 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi,. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan pendekatan inkuiri. Pada siklus I rata-rata keterampilan guru yang diperoleh 3,11 dengan persentase 77.7% (baik), siklus II meningkat menjadi 3,22 dengan persentase 80.5% (baik) dan pada siklus III meningkat lebih baik lagi menjadi 3,5 dengan persentase 88.8% (sangat baik). Pada siklus I rata-rata aktivitas siswa 18.1 dengan persentase 43,5% (cukup), siklus II meningkat menjadi 28 dengan persentase 68,5% (baik), dan rata siklus III terjadi peningkatan lebih baik lagi menjadi 31,2 dengan persentase 85.9% (sangat baik). Berdasarkan nilai hasil belajar diperoleh data pada siklus I nilai rata-rata yang dicapai siswa adalah 61,07 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 60,7%. Pada siklus II nilai rata-rata yang dicapai siswa menjadi 75.09 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 85%. Sedangkan pada siklus III nilai rata-rata siswa naik menjadi 86,4 dengan ketuntasan belajar 90% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan Pendekatan Inkuiri pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri 5 Mayonglor Jepara. Pendekatan Inkuiri meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga disarankan dapat diterapkan pada pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 13:36
Last Modified: 30 Oct 2013 13:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18238

Actions (login required)

View Item View Item