PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA ANAK MELALUI TEKNIK DEMONSTRASI DENGAN MEDIA BONEKA UPIN DAN IPIN SISWA KELAS VII-B SMP FUTUHIYYAH MRANGGEN KABUPATEN DEMAK
Adrianita Widiastuti Ariani, 2101407127 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA ANAK MELALUI TEKNIK DEMONSTRASI DENGAN MEDIA BONEKA UPIN DAN IPIN SISWA KELAS VII-B SMP FUTUHIYYAH MRANGGEN KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA ANAK MELALUI TEKNIK DEMONSTRASI DENGAN MEDIA BONEKA UPIN DAN IPIN SISWA KELAS VII-B SMP FUTUHIYYAH MRANGGEN KABUPATEN DEMAK)
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan diketahui bahwa keterampilan menceritakan kembali siswa kelas VII-B SMP Futuhiyyah Mranggen Kabupaten Demak masih kurang. Hal ini disebabkan kekurangmampuan siswa dalam mengimprovisasikan diri untuk mengekspresikan karakter tokoh dalam menceritakan kembali sehingga siswa kurang percaya diri dalam memerankan karakter tokoh yang dibawakan, serta siswa kurang memahami isi bacaan. Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini mengkaji tiga masalah yaitu (1) bagaimana proses pembelajaran keterampilan menceritakan kembali cerita anak siswa kelas VII-B SMP Futuhiyyah Mranggen setelah mengikuti pembelajaran menceritakan kembali cerita anak melalui teknik demonstrasi dengan media boneka Upin dan Ipin, (2) bagaimana peningkatan keterampilan menceritakan kembali cerita anak siswa kelas VII-B SMP Futuhiyyah Mranggen setelah mengikuti pembelajaran menceritakan kembali cerita anak melalui teknik demonstrasi dengan media boneka Upin dan Ipin, dan (3) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VII-B SMP Futuhiyyah Mranggen setelah mengikuti pembelajaran menceritakan kembali cerita anak melalui teknik demonstrasi dengan media boneka Upin dan Ipin. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menceritakan kembali cerita anak siswa kelas VII SMP Futuhiyyah Mranggen setelah mengikuti pembelajaran menceritakan kembali cerita anak melalui teknik demonstrasi dengan media boneka Upin dan Ipin, (2) mendeskripsi peningkatan keterampilan menceritakan kembali cerita anak siswa kelas VII-B SMP Futuhiyyah Mranggen setelah mengikuti pembelajaran menceritakan kembali cerita anak melalui teknik demonstrasi dengan media boneka Upin dan Ipin, dan (3) mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas VII-B SMP Futuhiyyah Mranggen setelah mengikuti pembelajaran menceritakan kembali cerita anak melalui teknik demonstrasi dengan media boneka Upin dan Ipin Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu siklus I, dan siklus II dengan subjek penelitian siswa kelas VII-B SMP Futuhiyyah Mranggen Kabupaten Demak yang berjumlah 34 siswa. Variabel penelitian dibagi menjadi dua yaitu variabel keterampilan menceritakan kembali cerita anak dan variabel penggunaan teknik demonstrasi dengan media boneka Upin dan Ipin dalam pembelajaran menceritakan kembali cerita anak. Instrumen penelitian berupa instrumen tes dan instrumen nontes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Proses pembelajaran menceritakan kembali cerita anak melalui teknik demonstrasi dengan media boneka Upin dan Ipin pada siklus I dan siklus II proses pembelajaran berjalan cukup baik, dari kegiatan pendahuluan hingga penutup sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Tahapan inti berisi tentang diberikannya penjelasan mengenai menceritakan kembali, unsur-unsur cerita anak, serta hal-hal yang harus diperhatikan ketika menceritakan kembali, kemudian guru memberikan contoh menggunakan media boneka Upin dan Ipin serta menunjukkan dan mengekspresikan tokoh dengan memberikan penguatan unsur-unsur cerita anak. Kemudian, siswa berkelompok dan berdiskusi untuk membuat kerangka. Siswa berlatih menceritakan kembali dengan melakukan peragaan dan mengekspresikan karakter tokoh dengan menggunakan media boneka Upin dan Ipin sesuai dengan cerita dan guru melakukan pendekatan secara langsung dan memandu siswa untuk memberikan bimbingan penampilan pada diri siswa. Siswa percaya diri menceritakan kembali secara bergantian. Siswa lain menyimak, mencermati kegiatan menceritakan kembali oleh temannya kemudian berlatih memberikan tanggapan penampilan tersebut secara tertulis maupun lisan dengan memperhatikan cara dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menceritakan kembali dan keefektifan penggunaan media. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menceritakan kembali cerita anak siswa kelas VII-B SMP Futuhiyyah Mranggen Kabupaten Demak melalui teknik demonstrasi dengan media boneka Upin dan Ipin. Nilai rata-rata kelas pada siklus I 67,35 dengan kategori cukup. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 79,11 dengan peningkatan sebesar 11,76 dan termasuk kategori baik. Setelah siswa menggunakan teknik demonstrasi dengan media boneka Upin dan Ipin untuk menceritakan kembali cerita anak terjadi perubahan perilaku siswa. Siswa yang sebelumnya merasa kurang antusias terhadap pembelajaran menceritakan kembali cerita anak menjadi antusias, senang, dan tertarik setelah mengikuti pembelajaran menceritakan kembali cerita anak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru agar pembelajaran melalui teknik demonstrasi dengan media boneka Upin dan Ipin dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk mengajar materi menceritakan kembali cerita anak. Jika guru lebih memerhatikan unsur-unsur cerita anak serta hal-hal yang harus diperhatikan dalam menceritakan kembali dan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, maka penggunaan teknik demonstrasi dan media boneka Upin dan Ipin dalam pembelajaran menceritakan kembali cerita anak akan lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menceritakan kembali cerita anak, teknik demonstrasi, media boneka upin dan ipin |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 1771 not found. |
Date Deposited: | 30 Oct 2013 16:33 |
Last Modified: | 30 Oct 2013 16:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18237 |
Actions (login required)
View Item |