SURVEI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR SE- KECAMATAN BRANGSONG KABUPATEN KENDAL


Fitri Aprilyani Husain, 6102409043 (2013) SURVEI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR SE- KECAMATAN BRANGSONG KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR SE- KECAMATAN BRANGSONG KABUPATEN KENDAL]
Preview
PDF (SURVEI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR SE- KECAMATAN BRANGSONG KABUPATEN KENDAL)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan skripsi ini adalah bagaimana permainan tradisional dalam pembelajaran penjasorkes disetiap masing-masing sekolahan se- Kecamatan Brangsong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permainan tradisional dalam pembelajaran penjasorkes pada masing-masing sekolah. Populasi untuk penelitian ini adalah seluruh guru pendidikan jasmani sekolah dasar se- Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal yang berjumlah 18 orang dari 25 sekolah dasar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode total sampling, yaitu seluruh guru pendidikan jasmani sekolah dasar se- Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal yang berjumlah 18 orang dari 25 sekolah dasar. Teknik penarikan sampel menggunakan sampel random atau sampel acak. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data yang akurat tentang proses permainan tradisional dalam pembelajaran penjasorkes pada siswa di sekolah dasar se- Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Kuesioner ini digunakan sebagi alat pengumpul data tentang permainan tadisional dalam pembelajaran penjasorkes yang dijabarkan menjadi pertanyaan-pertanyaan. Untuk keabsahan menggunakan validitas dan reabilitas instrumen. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan prosentase. Hasil penelitian survei tentang permainan tradisional dalam pembelajaran penjasorkes pada siswa di sekolah dasar se- Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal tergolong baik yaitu sebesar 73,13%, tepat digunakan dalam pembelajaran penjasorkes pada siswa disekolah dasar. Terbukti dari ketersedian waktu 75,00%, ketersediaan materi dan pembelajaran penjas sebesar 73,61% meliputi pembelajaran dan penguasaan materi 74,07%, sarana dan prasarana sekolah 81,25% dan kesesuaian kurikulum 65,28%, karakteristik permainan serta gerak yang dihasilkan sebesar 68,68% meliputi jenis permainan sebesar 63,96%, hasil gerak dan faktor resiko sebesar 73,38%, lokomotor sebesar 64,09%, non lokomotor sebesar 74,65%, manipulatif sebesar 81,9%, unsur-unsur penjas sebesar 81,77% meliputi kognitif sebesar 88,9%, afektif sebesar 81,25%, psikomotor sebesar 81,94%, jasmani sebesar 79,63%, motivasi sebesar 73,44% meliputi minat siswa 74,80%, motivasi guru 63,89%. Simpulan: survei permainan tradisional dalam pembelajaran penjasorkes pada siswa di sekolah dasar se- Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal tergolong baik dan tepat digunakan pada siswa disekolah dasar, terbukti dari indikator-indikator yang ada di lihat dari ketersediaan waktu, ketersediaan materi dan pembelajaran penjas, karakteristik permainan serta gerak yang dihasilkan, unsur-unsur penjas serta motivasi. Saran: bagi peneliti selanjutnya diharapkan sampelnya lebih besar lagi dan guru penjas yang ada di sekolah dasar se- Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal untuk meningkatkan kecintaannya terhadap permainan tradisional dalam pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kendal, Permainan Tradisional, Sekolah Dasar, Survei
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 16:31
Last Modified: 30 Oct 2013 16:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18231

Actions (login required)

View Item View Item