PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ BERBASIS CD PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV SDN 3 KARANGSARI KENDAL


PERTI ACHULD FITA, 1402908109 (2013) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ BERBASIS CD PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV SDN 3 KARANGSARI KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ BERBASIS CD PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV SDN 3 KARANGSARI KENDAL]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ BERBASIS CD PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV SDN 3 KARANGSARI KENDAL)
Download (4MB) | Preview

Abstract

dengan dikeluarkannya undang-undang Sisdiknas No.20 Tahun 2003. Undang-undang Sisdiknas menyatakan bahwa disetiap jenis, jalur, dan jenjang semua mata pelajaran di satuan pendidikan salah satunya memuat Pendidikan Kewarganegaraan. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas IV SDN 3 Karangsari diketahui bahwa dalam pembelajaran PKn siswa kurang termotivasi disebabkan guru kurang melakukan model pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa kurang aktif, merasa bosan dan media pembelajaran yang disajikan kurang menarik bagi siswa dan berimbas pada rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah melalui model kooperatif tipe Team Quiz berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan: keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran PKn melalui model kooperatif tipe Team Quiz berbasis CD pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, tiap siklusnya diadakan dua kali pertemuan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SDN 3 Karangsari Kendal dengan subyek penelitian 16 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki, 9 siswa perempuan dan guru kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen, tes, observasi, angket, wawancara dan cacatan lapangan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Pada siklus I rata-rata perolehan skor keterampilan guru adalah 3,7 dengan kategori sangat baik, pada siklus II rata-rata perolehan skor keterampilan guru meningkat menjadi 3,9 dengan kategori sangat baik, 2) Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh total skor 3,10 dengan kategori baik, dan pada siklus II perolehan skor meningkat menjadi 3,76 dengan kategori sangat baik, 3) Pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 56,25% (9 dari 16 siswa yang tuntas mencapai KKM ≥ 65) dengan rata-rata kelas adalah 62,25 dan pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 81,25% (13 dari 16 siswa) dengan rata-rata kelas adalah 72,4. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran PKn melalui penerapan model kooperatif tipe Team Quiz berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan, keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Karangsari Kendal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran PKn, model kooperatif tipe Team Quiz
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 16:42
Last Modified: 30 Oct 2013 16:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18228

Actions (login required)

View Item View Item