PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI KOPERASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DEVISION DI SD NEGERI TEGALSARI 8 KOTA TEGAL

Anggita Dwijayanti Kusumaningrum, 1402408090 (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI KOPERASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DEVISION DI SD NEGERI TEGALSARI 8 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI KOPERASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DEVISION DI SD NEGERI TEGALSARI 8 KOTA TEGAL)
Download (1928Kb)

    Abstract

    Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi Koperasi di kelas IV SD Negeri Tegalsari 8 Kota Tegal. Selain itu, motivasi dan aktivitas belajar siswa masih rendah karena guru hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Dari latar belakang tersebut, disusun rumusan masalah yaitu “Bagaimana cara meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi Koperasi di kelas IV SD Negeri Tegalsari 8 Kota Tegal?” Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Tegalsari 8 Kota Tegal tahun ajaran 2012/2013 sejumlah 26 orang siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV, guru kelas, dan data dokumen. Data yang dihimpun merupakan data kualitatif meliputi aktivitas belajar siswa dan performansi guru, dan data kuantitatif mencakup hasil belajar siswa, rata-rata kelas, dan ketuntasan belajar klasikal. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes yang meliputi pengamatan dan dokumentasi. Alat pengumpul data berupa tes dan lembar pengamatan. Penelitian ini dinyatakan berhasil apabila hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan performansi guru meningkat sesuai indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa sebesar 73,07% dengan rata-rata kelas 78,00. Sementara itu, aktivitas belajar siswa dan performansi guru memperoleh nilai 66,54% dan 76,12. Dengan hasil yang diperoleh, peneliti belum dapat memenuhi indikator keberhasilan. Oleh karena itu, peneliti mengadakan perbaikan di siklus II supaya hasil penelitian dapat meningkat. Pada siklus II, ketuntasan belajar siswa mencapai 88,46% dengan rata-rata kelas 78,31. Aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 77,59%, sedangkan performansi guru meningkat menjadi 86,34. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Aktivitas dan Hasil Belajar.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: radiya upt perpust
    Date Deposited: 30 Oct 2013 09:01
    Last Modified: 30 Oct 2013 09:01

    Actions (login required)

    View Item