PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ) PADA SISWA KELAS IV SDN 1 TEDUNAN KEDUNG JEPARA


SANTOSO, 1402908089 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ) PADA SISWA KELAS IV SDN 1 TEDUNAN KEDUNG JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ) PADA SISWA KELAS IV SDN 1 TEDUNAN KEDUNG JEPARA]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ) PADA SISWA KELAS IV SDN 1 TEDUNAN KEDUNG JEPARA)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran IPA di SDN 1 Tedunan Kedung Jepara masih menggunakan model pembelajaran yang bersifat konvensional yang berisi ceramah dari guru sehingga proses pembelajaran terjadi hanya satu arah saja. Hal tersebut mengakibatkan pembelajaran tidak efektif sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar IPA. Model pembelajaran CTL ( Contextual Teaching and Learning ) merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru, dan hasil belajar IPA kelas IV SDN 1 Tedunan Kedung Jepara? Pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru, dan hasil belajar IPA kelas IV SDN 1 Tedunan Kedung Jepara. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui Model Pembelajaran CTL ( Contextual Teaching and Learning ) menggunakan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 1 Tedunan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian pada siklus I dan II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA, yang mulanya persentase ketuntasan belajar sebesar 73,91 % dengan rata-rata nilai 70,86 pada siklus I. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar meningkat menjadi sebesar 91,30 % dengan rata-rata nilai 78,69. Selain hasil belajar IPA, aktivitas siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase aktivitas siswa sebesar 71,74 % berkategori baik meningkat menjadi 86,57 % berkategori sangat baik pada siklus II. Selain aktivitas siswa, ketrampilan guru juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I persentase ketrampilan guru sebesar 81,25 % berkategori sangat baik meningkat menjadi 92,18 % berkategori sangat baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CTL dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Disarankan bagi pihak-pihak yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran, agar menggunakan model pembelajaran CTL, baik untuk mata pelajaran IPA maupun mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Model Pembelajaran CTL ( Contextual Teaching and Learning )
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 12:55
Last Modified: 30 Oct 2013 12:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18219

Actions (login required)

View Item View Item