PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI BILANGAN DAN OPERASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 MAJAPURA BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA


Nurul Herdiyanti, 1402408069 (2013) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI BILANGAN DAN OPERASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 MAJAPURA BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI BILANGAN DAN OPERASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 MAJAPURA BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA]
Preview
PDF (PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI BILANGAN DAN OPERASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 MAJAPURA BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Majapura Bobotsari Purbalingga tahun ajaran 2011/2012 pada mata pelajaran Matematika materi Bilangan dan Operasinya masih rendah. Hal ini disebabkan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Penggunaan metode ceramah yang dilakukan guru, belum mampu menumbuhkan keaktifan siswa.Kondisi pembelajaran yang demikian, memerlukan perubahan pendekatan pembelajaran yang dilakukan guru agar mampu meningkatkan aktivitas danhasil belajar siswa ke arah yang lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan pendekatan pembelajaran RME dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta performansi guru pada kelas IV SD Negeri 1 Majapura Bobotsari Purbalingga pada materi Bilangan dan Operasinya,serta bagaimana cara meningkatkan aktivitas dan performansi guru kelas IV SD Negeri 1 Majapura Bobotsari Purbaligga.Berkaitan dengan masalah tersebut,penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas,hasil belajar siswa,serta performansi guru pada pembelajaran tersebut pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Majapura Bobotsari Purbalingga. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Majapura Bobotsari Purbalingga tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 24 siswa.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.Setiap siklus terdiri atas empat tahap,yaitu perencanaan,tindakan, pengamatan,dan refleksi.Cara pengumpulan data dilakukan melalui tes formatif dan pengamatan aktivitas belajar siswa serta performansi guru saat pembelajaran berlangsung. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu ratarata hasil belajar siswa ≥ 65, dengan persentase ketuntasan minimal 75%, keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 75%, dan skor performansi guru minimal B (≥71). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa 66,67 dengan ketuntasan belajar klasikal 33,33%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sebesar 56,73% dengan kriteria tinggi, dan nilai performansi guru 75,06 (B). Pada siklus II, rata-rata nilai hasil belajar siswa 87,71 dengan ketuntasan belajar klasikal 87,50%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran 76,63% dengan kriteria sangat tinggi, dan nilai performansi guru 85,26 (A). Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II.Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa pendekatan pembelajaran RME terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta performansi guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Realistic Mathematics Education.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 16:44
Last Modified: 30 Oct 2013 16:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18212

Actions (login required)

View Item View Item