MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PECAHAN BERBANTUKAN CD INTERAKTIF BERINDIKATOR MASTER PADA SISWA KELAS V SDN REJOSARI NGAMPEL KENDAL


Luji Wicaksana, 1402908023 (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PECAHAN BERBANTUKAN CD INTERAKTIF BERINDIKATOR MASTER PADA SISWA KELAS V SDN REJOSARI NGAMPEL KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PECAHAN BERBANTUKAN CD INTERAKTIF BERINDIKATOR MASTER PADA SISWA KELAS V SDN REJOSARI NGAMPEL KENDAL]
Preview
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PECAHAN BERBANTUKAN CD INTERAKTIF BERINDIKATOR MASTER PADA SISWA KELAS V SDN REJOSARI NGAMPEL KENDAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Meningkatkan aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan media CD interaktif pada materi pecahan pada siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media CD interaktif pada materi pecahan pada siswa kelas V SDN Rejosari Kec. Ngampel, Kab. Kendal. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas V SD Negeri Rejosari Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi/pengamatan, dokumentasi, dan tes. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Proses aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan media CD interaktif berindikator MASTER menunjukkan adanya peningkatan sebesar 14%, secara umum siswa di dalam kelas sudah menunjukkan partisipasi dalam pembelajaran, dilihat dari observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 69% sedangkan pada siklus II sebesar 83%. (2) Dalam penelitian ini juga menilai aktivitas guru dalam pembelajaran dengan media pembelajaran CD interaktif berindikator MASTER. Berdasarkan hasil observasi pada siklus I diperoleh nilai rata-rata prosentase aktivitas guru sebesar 62,5%, sedangkan pada siklus II rata-rata prosentase sebesar 88%. (3) Dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yang signifikan. Dalam hal ini, hampir seluruh siswa sudah mencapai batas ketuntasan hasil belajar, yang semula dari hasil tes kondisi awal diketahui hanya 6 dari 27 siswa yang mencapai KKM (60). Sedangkan tes akhir dari penelitian ini menunjukkan 23 dari 27 siswa telah berhasil mencapai nilai KKM (60). Perolehan nilai tiap siklusnya yaitu pada siklus 1 nilai rerata kelas sebesar 70 dengan kategori tuntas sebesar 70% dan persentase 30% masuk kategori tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II nilai rerata kelas telah meningkat menjadi 81, sehingga kategori tuntas sebanyak 85% dan persentase 15% dengan kategori tidak tuntas. Berdasarkan simpulan yang dibuat, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran matematika menggunakan media CD interaktif berindikator MASTER dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri Rejosari Ngampel Kendal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 16:47
Last Modified: 30 Oct 2013 16:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18208

Actions (login required)

View Item View Item