ANALISIS STRUKTUR PEREKONOMIAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI BANTEN MELALUI PENDEKATAN LQ, SHIFT SHARE.


Arief Kurniawan S , 7450406520 (2013) ANALISIS STRUKTUR PEREKONOMIAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI BANTEN MELALUI PENDEKATAN LQ, SHIFT SHARE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS STRUKTUR PEREKONOMIAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI BANTEN MELALUI PENDEKATAN LQ, SHIFT SHARE.]
Preview
PDF (ANALISIS STRUKTUR PEREKONOMIAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI BANTEN MELALUI PENDEKATAN LQ, SHIFT SHARE.)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan suatu tolak ukur adanya pembangunan ekonomi di suatu daerah. Pembangunan sektor ekonomi itu sendiri adalah proses mengubah suatu keadaan menjadi lebih baik dengan tujuan meningkatkan pendapatan, kesempatan kerja, dan kemakmuran masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis struktur dan Pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten. Untuk mengetahuinya digunakan alat analisis LQ serta Shift Share,dan turunan dari LQ yaitu DLQ yang digunakan untuk mengetahui sektor-sektor potensial Provinsi Banten Di masa mendatang. Data yang digunakan dalam analisis ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS). Dari hasil penelitian menggunakan metode Location Quotient, sektor yang memiliki indeks LQ lebih besar dari satu dan merupakan sektor basis ekonomi atau sektor unggulan Provinsi Banten adalah Industri Pengolahan (2,0) dan sektor listrik, gas, dan air bersih (4,8). Dan untuk hasil Pehitungan DLQ (Dinamic Location Quotient) yang digunakan untuk proyeksi masa mendatang, ada 4 sektor yang pertumbuhannya lebih cepa dari nasional yaitu sektor pertambangan dan penggalian (1,4), Industri Pengolahan (1,1), sektor listrik, gas, dan air bersih (1,1), dan sektor perdagangan, hotel, dan restoran (1,7). Ada tujuh sektor sektor yang memiliki keunggulan kompetitif dan dapat dikembangkandengan baik yaitu sektor sektor pertambangan dan dan penggalian (4,63), sektor industri pengolahan (25,38), sektor listrik, gas dan air bersih (1,55), sektor bangunan (9,73), sektor perdagangan, hotel dan restoran (25,51), sektor komunikasi dan pengangkutan (25,43) dan sektor jasa-jasa (12,66). Ada dua sektor yang merupakan sektor basis yaitu sektor industry pengolahan dan sektor listrik gas dan air bersih. Dua sekktor ini yang memberikan kontribusi paling besar dibandingkan dengan sektor lainnya. Ada empat sektor yang perkembangannya cepat dibandingkan dengan nasional, yaitu: sektor pertambangandan penggalian, industri penglahan, sektor listrik gas dan air bersih, dan sektor perdagangan hotel dan restoran. Keempat sektor inii dapat dikembangkan untuk mendukung perkembangan Provinsi Banten.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Ekonomi, Sektor-sektor Ekonomi, Pengembangan Sektor Potensial, LQ, Shift Share
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 16:47
Last Modified: 30 Oct 2013 16:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18207

Actions (login required)

View Item View Item