PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI BAHASA JAWA DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IV SDN BANYUBIRU 04 KABUPATEN SEMARANG


Puji Istriyani, 1402908015 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI BAHASA JAWA DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IV SDN BANYUBIRU 04 KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI BAHASA JAWA DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IV SDN BANYUBIRU 04 KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI BAHASA JAWA DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IV SDN BANYUBIRU 04 KABUPATEN SEMARANG)
Download (14MB) | Preview

Abstract

Pelajaran bahasa Jawa mempunyai empat aspek yaitu keterampilan membaca, mendengar, berbicara dan menulis. Keterampilan menulis adalah keterampilan yang dimiliki seseorang untuk mengungkapkan gagasan kepada pihak lain melalui bentuk wacana tulis. Pada siswa kelas IV SDN Banyubiru 04 Kabupaten Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi. Guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan belum menggunakan media dalam pembelajaran. Siswa merasa kesulitan untuk mengungkapkan ide-idenya yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah yaitu ketuntasan klasikal 33%. Untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi tersebut yaitu dengan menerapkan model Picture and Picture. Model Picture and Picture adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Banyubiru 04?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan model Picture and Picture. Rancangan penelitian yaitu penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dan terdiri dari dua siklus masing-masing siklus dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes menggunakan lembar evaluasi siswa sedangkan teknik nontes terdiri dari observasi, dokumentasi, catatan lapangan, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru mengalami peningkatan. Pada siklus I keterampilan guru mendapatkan rata-rata skor 2,9 yang termasuk dalam kategori baik, sedangkan pada siklus II mendapat rata-rata skor 3,5 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa. Pada siklus I aktivitas siswa mendapat rata-rata skor 2,9 yang termasuk kategori baik, sedangkan pada siklus II mendapatkan rata-rata skor 3,2 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Persentase ketuntasan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa pada siklus I yaitu 50% meningkat pada siklus II yaitu 95%. Simpulan dari penelitian ini adalah model Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Banyubiru 04 Kabupaten Semarang. Saran yang diberikan peneliti adalah penggunaan model dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi sehingga hasil yang dicapai maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis deskripsi dan model Picture and Picture
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 17:01
Last Modified: 30 Oct 2013 17:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18204

Actions (login required)

View Item View Item