Peningkatan Prestasi Belajar PKn Dengan Model Cooperative Learning Menggunakan Media Stik Berjalan Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Barusari 02 Semarang
Vivi Mayasari, 1402907266 (2012) Peningkatan Prestasi Belajar PKn Dengan Model Cooperative Learning Menggunakan Media Stik Berjalan Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Barusari 02 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Prestasi Belajar PKn Dengan Model Cooperative Learning Menggunakan Media Stik Berjalan Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Barusari 02 Semarang)
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan model Cooperative Learning menggunakan media stik berjalan pada siswa kelas III SD Barusari 02 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Meningkatkan aktivitas siswa, (2) Meningkatkan aktivitas guru, (3) Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Cooperative Learning dengan media stik berjalan . Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Barusari 02 Semarang dengan jumlah siswa 28 anak. Instrumen pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Data selanjutnya diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dengan media stik berjalan berhasil meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III SD Negeri Barusari 02 Semarang. Dalam setiap siklus aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu: siklus I dengan rata-rata nilai 2,71 atau 67,7% dan siklus II 3,2 atau 80,5%. Hasil belajar siswa pada pre tes dan pos tes mengalami peningkatan siklus I rata-rata nilai pre tes 56, pos tes 64 sedangkan siklus II pre tes 65, pos tes 88. Persentase ketuntasan belajar yaitu siklus I 54% dan siklus II 89%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) menggunakan Cooperative Learning dengan media stik berjalan pada siswa kelas III SD Negeri Barusari 02 dapat meningkatkan aktivitas siswa. Disarankan supaya guru dapat menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning dengan media stik berjalan pada materi pelajaran lain yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | belajar, PKn, cooperative learning, media, stik |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 22801 not found. |
Date Deposited: | 30 Oct 2013 17:03 |
Last Modified: | 30 Oct 2013 17:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18202 |
Actions (login required)
View Item |