FAKTOR KESULITAN BELAJAR HURUF HIRAGANA PADA SISWA KELAS X SMAN 3 PEKALONGAN
Sri Kurniah, 2302909033 (2013) FAKTOR KESULITAN BELAJAR HURUF HIRAGANA PADA SISWA KELAS X SMAN 3 PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (FAKTOR KESULITAN BELAJAR HURUF HIRAGANA PADA SISWA KELAS X SMAN 3 PEKALONGAN)
Download (876kB) | Preview |
Abstract
Salah satu tujuan pembelajaran Bahasa Jepang di SMA adalah mengembangkan pemahaman siswa untuk dapat mengenal huruf-huruf hiragana. Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang cukup sulit untuk dipelajari termasuk oleh orang Indonesia, karena banyaknya beban yang harus ditempuh oleh pembelajar. Untuk mempelajari huruf saja diperlukan waktu yang cukup lama. Mengingat ada empat jenis huruf yang digunakan dalam bahasa Jepang, yaitu Romaji (huruf alfabet), Hiragana, Katakana, dan Kanji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kesulitan belajar yang dialami siswa dalam mempelajari huruf hiragana, latar belakang dari penelitian ini dikarenakan siswa sering merasa kesulitan dalam membaca atau mengucapkan huruf, kesulitan menuliskan huruf dengan urutan yang benar, kesulitan mengingat bentuk huruf dan membedakan bentuk huruf yang mirip seperti huruf あ (A) danお (O) , lalu わ (Wa) ,ね (Ne) danれ (Re), ぬ (Nu) danめ (Me) , は (Ha) dan ほ (Ho), た (Ta) danな (Na) , さ (Sa) danき (Ki), る (Ru) danろ (Ro). Hal ini merupakan salah satu hambatan bagi pembelajar bahasa Jepang pemula sehingga pembelajar sering menggunakan huruf romaji dalam pembelajaran sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan metode kualitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 yang sedang menempuh pendidikan di sekolah tersebut sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa kelas X.4 SMA Negeri 3 Pekalongan tahun pelajaran 2012/2013. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket. Butir-butir pertanyaan angket digunakan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam mempelajari hiragana yang dipandang dari faktor intern dari dalam diri siswa dan faktor eksteren dari luar diri siswa. Angket ini terdiri dari 20 soal pertanyaan. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa sedikit maupun banyaknya kesulitan yang dirasakan oleh responden baik secara instern maupun ekstern menuntut adanya solusi yang dapat menanggulangi masalah-masalah tersebut.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor, kesulitan belajar, huruf hiragana. |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Users 23382 not found. |
Date Deposited: | 30 Oct 2013 17:03 |
Last Modified: | 30 Oct 2013 17:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18201 |
Actions (login required)
View Item |