PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA SISWA KELAS III SDN GUNUNGPATI 02


Ajie Bella Fajar, 1402408318 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA SISWA KELAS III SDN GUNUNGPATI 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA SISWA KELAS III SDN GUNUNGPATI 02]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA SISWA KELAS III SDN GUNUNGPATI 02)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya kualitas pembelajaran IPA pada kelas III SDN Gunungpati 02 Semarang. Berdasarkan Observasi dan catatan lapangan, proses pembelajaran yang terjadi berpusat kepada guru. Siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Nilai rata-rata siswa sebesar 57,99, dan 65% masih dibawah KKM yang ditetapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model Problem Based Instruction dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas III SDN Gunungpati 02 pada pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui model Problem Based Instruction pada siswa kelas III SDN Gunungpati 02. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus penelitian. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SDN Gunungpati yang berjumlah 21 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan yang dianalisis dengan cara analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Instruction dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA. Pada siklus I keterampilan guru mendapat skor 29 dengan kategori baik, meningkat menjadi skor 35 dengan kategori sangat baik pada siklus II, dan pada siklus III meningkat menjadi skor 37 dengan kategori sangat baik.. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 19,64 dengan kategori baik, pada siklus II meningkat menjadi 25,19 dengan kategori baik, dan meningkat menjadi 28,77 dengan kategori sangat baik pada siklus III. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 60,24 meningkat menjadi 70,71 pada siklus II, dan pada siklus III meningkat menjadi 80,24. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model Problem Based Instruction dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada kelas III SDN Gunungpati 02. Disarankan guru dapat menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman, menyenangkan serta memberikan kesempatan siswa untuk beraktivitas lebih banyak salah satunya dengan menerapkan model Problem Based Instruction sebagai salah satu model inovatif dalam mengajarkan materi dalam mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pembelajaran IPA, Model Problem Based Instruction
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 17:03
Last Modified: 30 Oct 2013 17:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18199

Actions (login required)

View Item View Item