EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU VIRTUAL HIRAGANA IN ONE WEEK DALAM PEMBELAJARAN HIRAGANA


Erwan Kasriyanto, 2302909031 (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU VIRTUAL HIRAGANA IN ONE WEEK DALAM PEMBELAJARAN HIRAGANA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU VIRTUAL HIRAGANA IN ONE WEEK DALAM PEMBELAJARAN HIRAGANA]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU VIRTUAL HIRAGANA IN ONE WEEK DALAM PEMBELAJARAN HIRAGANA)
Download (754kB) | Preview

Abstract

Huruf hiragana adalah salah satu materi dalam pembelajaran bahasa Jepang yang harus dikuasai siswa SMA Negeri 1 Ambarawa. Materi ini diajarkan dengan menggunakan buku Sakura 1 secara bertahap dengan harapan siswa tidak kesulitan dalam menghapal jumlah huruf yang cukup banyak dan asing bagi mereka. Materi ini disampaikan oleh pengajar dengan cara menuliskan beberapa huruf di papan tulis, secara bertahap sehingga seluruh materi akan selesai dalam jangka waktu 1 semester. Meskipun pengajar telah mengajarkan materi huruf hiragana secara bertahap tetapi materi hiragana masih menjadi materi yang sulit dikuasai oleh siswa. Hal ini terbukti dengan hasil nilai ulangan hiragana yang diperoleh siswa belum memuaskan. Siswa belum mampu menguasai keterampilan menulis maupun keterampilan membaca huruf hiragana. Oleh karena itu, penulis merasa perlu menyampaikan hiragana dengan panduan buku Virtual Hiragana in One Week. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan Virtual Hiragana in One Week terhadap penguasaan hiragana siswa SMA Negeri 1 Ambarawa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental yang membandingkan antara penguasaan hiragana siswa yang belajar dengan buku Virtual Hiragana in One Week dengan yang siswa yang belajar materi huruf hiragana tanpa menggunakan buku tersebut. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata kelas kontrol hanya 64 sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 84, kemudian dari perhitungan statistik diketahui bahwa nilai t hitung yaitu 3,93 lebih besar dari nilai t tabel yang hanya sebesar 2,65. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa pengajaran menggunakan buku "Virtual Hiragana in One Week" efektif untuk meningkatkan penguasaan huruf hiragana siswa SMA Negeri 1 Ambarawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Virtual Hiragana in One Week, hiragana
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 17:05
Last Modified: 30 Oct 2013 17:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18195

Actions (login required)

View Item View Item