ANALISIS BUTIR SOAL KENAIKAN KELAS BAHASA JEPANG KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2012/2013 BUATAN DINAS PENDIDIKAN KOTA SEMARANG


R.Antonius Mulyono Sri Raharjo, 2302909028 (2013) ANALISIS BUTIR SOAL KENAIKAN KELAS BAHASA JEPANG KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2012/2013 BUATAN DINAS PENDIDIKAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS BUTIR SOAL KENAIKAN KELAS BAHASA JEPANG KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2012/2013 BUATAN DINAS PENDIDIKAN KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (ANALISIS BUTIR SOAL KENAIKAN KELAS BAHASA JEPANG KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2012/2013 BUATAN DINAS PENDIDIKAN KOTA SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Evaluasi merupakan suatu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan pendidikan dan pengajaran. Kegiatan pendidikan yang dilakukan harus selalu disertai dengan kegiatan evaluasi atau penilaian. Pada hakekatnya evaluasi atau penilaian yang dilakukan tidak hanya untuk menilai hasil belajar siswa tetapi informasi hasil belajar siswa dapat dijadikan sebagai umpan balik penilaian terhadap kegiatan pengajaran yang dilakukan, serta dapat memberikaninformasi sejauh mana siswa mencapai tujuan belajarnya. Ulangan kenaikan kelas merupakan bagian dari bentuk evaluasi untuk mengukur dan menilai kompetensi peserta didik sehingga guru bisa menentukan apakah siswa dapat melanjutkan pembelajaran ke jenjang yang lebih tinggi atau masih perlu mengulang. Tujuan ulangan kenaikan kelas adalah untuk mendapatkan data pembuktian yang dapat mengukur sejauh mana tingkat kemampuan dan keberhasilan siswa setelah mempelajari kompetensi yang diajarkan guru, sehingga menjaga kualitas soal ulangan kenaikan kelas yang merupakan bagian dari bentuk evaluasi tersebut menjadi sangat penting. Analisis butir soal merupakan salah satu usaha yang dilakukan untuk mengembangkan soal tes atau ulangan yang berkualitas baik. Karena dengan melakukan analisis butir soal, akan dapat diketahui kualitas butir soal yang diujikan menjadi terukur dan jelas kelayakannya, juga dengan dilakukan analisis butir soal akan dapat diketahui kualitas tes yang diselenggarakan, dan akan membantu pengajar mengetahui apa saja hal yang berkaitan dengan pengembangan penyusunan dan penggunaan tes yang telah baik dan perlu dipertahankan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis butir soal, Tingkat kesukaran, Daya pembeda
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 17:09
Last Modified: 30 Oct 2013 17:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18190

Actions (login required)

View Item View Item