STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL KERIPIK DI DUSUN KARANGBOLO DESA LEREP KABUPATEN SEMARANG


Wahyuniarso Tri D S, 7450406037 (2013) STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL KERIPIK DI DUSUN KARANGBOLO DESA LEREP KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL KERIPIK DI DUSUN KARANGBOLO DESA LEREP KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL KERIPIK DI DUSUN KARANGBOLO DESA LEREP KABUPATEN SEMARANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi adalah pendayagunaan dan alokasi semua sumber daya yang penting untuk mencapai tujuan. Sektor industri merupakan sektor yang paling tinggi kontribusinya terhadap PDRB kabupaten Semarang. Sektor industri yang berkembang di kabupaten Semarang adalah industri kecil makanan. Makanan yang terkenal di kabupaten Semarang salah satunya adalah keripik. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana profil industri kecil keripik di dusun Karangbolo desa Lerep kabupaten Semarang?, bagaimana kondisi SDM,teknologi, permodalan dan pemasaran pada industri kecil keripik di dusun Karangbolo desa Lerep kabupaten Semarang?, bagaimana strategi pengembangan industri kecil keripik di dusun Karangbolo desa Lerep kabupaten Semarang?. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah mengetahui profil industri kecil keripik di dusun Karangbolo desa Lerep kabupaten Semarang, mengetahui kondisi SDM, teknologi, permodalan dan pemasaran pada industri kecil keripik di dusun Karangbolo desa Lerep kabupaten Semarang, mengetahui strategi pengembangan industri kecil keripik di dusun Karangbolo desa Lerep kabupaten Semarang. Populasi penelitian ini berjumlah 21 pengusaha keripik. Variabel penelitian ini adalah SDM, teknologi, permodalan dan pemasaran. Metode pengumpulan datanya meliputi angket, dokumentasi dan wawancara. Metode analisis menggunakan deskriptif presentase dan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian bahwa profil industri kecil keripik di dusun Karangbolo desa Lerep kabupaten Semarang ada 21 pengusaha keripik. Usaha tersebut berdiri mulai tahun 1990-2007. Kondisi SDM pada industri kecil keripik di dusun Karangbolo desa Lerep kabupaten Semarang dalam kondisi buruk. Kondisi teknologi dalam kondisi sangat buruk. Kondisi permodalan dalam kondisi buruk. Kondisi pemasaran dalam kondisi kurang baik. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan analisis matrik SWOT, strategi yang dapat dilakukan untuk memberdayakan industri kecil keripik di dusun Karangbolo desa Lerep kabupaten Semarang adalah dengan strategi konsentrasi melalui integrasi horizontal. Artinya strategi yang diterapkan lebih defensif, yaitu menghindari kehilangan penjualan dan kehilangan profit yang di sebabkan oleh ancaman-ancaman. Saran yang diberikan adalah dengan mempertahankan ciri khas cita rasa produk dan meningkatkan kualitas produk dengan cara menciptakan inovasi dalam pengemasan produk, penambahan jenis produk agar memiliki daya tarik yang tinggi agar tetap mampu bersaing dengan produk lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Industri Kecil Keripik, SDM, Teknologi, Permodalan, Pemasaran.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 17:05
Last Modified: 30 Oct 2013 17:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18188

Actions (login required)

View Item View Item