EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENULIS WACANA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS


Budi Wahyu Ratnasari, 2302909026 (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENULIS WACANA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENULIS WACANA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENULIS WACANA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS)
Download (681kB) | Preview

Abstract

Alokasi waktu pembelajaran dalam menulis di sekolah-sekolah SMK dan SMA selama ini khususnya menulis sebuah wacana dalam bahasa Jepang relatif singkat dan terbatas yaitu 90 menit setiap 1 kali pertemuannya. Hal ini ditengarai sebagai salah satu faktor penyebab lemahnya keterampilan siswa dalam menulis sebuah wacana, di samping itu strategi atau metode pengajaran guru juga sangat berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Berdasarkan kenyataan tersebut, penulis mengatasi masalah rendahnya kemampuan siswa dalam menulis wacana dengan model Kooperatif Pengelompokan Siswa Berdasarkan Perbedaan Kemampuan (Student Team Achievement Division-STAD). Pembelajaran menulis wacana menggunakan model STAD diawali dengan guru menyajikan materi, dilanjutkan dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (Setiap kelompok beranggotakan 4-5 orang untuk mendiskusikan suatu masalah. Teknik ini mengutamakan kerja sama dari semua pihak dalam pembelajaran. Siswa dapat lebih aktif dan guru ikut terlibat dalam pembelajaran. Melalui keterlibatan guru tersebut, diharapkan berbagai kesulitan yang dialami siswa dapat diatasi dengan baik dikarenakan, dalam berkelompok diantara temannya saling bertukar pendapat, sehingga siswa yang merasa kurang, akan bisa belajar melalui teman sebaya dalam kelompok tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan dengan metode eksperimen. Penelitian ini juga merupakan penelitian komparasi yang membandingkan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif STAD (Student Team Achievement Division). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN Tembarak. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Analisis hasil tes menunjukan bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen lebih besar darpadai nilai rata-rata kelas kontrol dan dari hasil perhitungan menggunakan rumus t-test diperoleh t Hitung > t table = 5.277 > 3.246, ( t Hitung 5,277 lebih besar dari t Tabel 3,246 ) maka Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan Model pembelajaran kooperatif dengan metode STAD efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis hasil belajar bahasa Jepang khususnya dalam penulisan wacana siswa kelas XI SMKN Tembarak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Menulis Wacana, Pembelajaran Kooperatif Pengelompokan Siswa berdasarkan Perbedaan Kemampuan (Student Team Achievement Division-STAD), Meningkatkan Kemampuan Menulis
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 17:13
Last Modified: 30 Oct 2013 17:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18183

Actions (login required)

View Item View Item