IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 43 TAHUN 1999 TENTANG POKOK-POKOK KEPEGAWAIAN DALAM PENGANGKATAN JABATAN STRUKTURAL (Studi Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang)


Dyan Fernando S, 3450407109 (2013) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 43 TAHUN 1999 TENTANG POKOK-POKOK KEPEGAWAIAN DALAM PENGANGKATAN JABATAN STRUKTURAL (Studi Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 43 TAHUN 1999 TENTANG POKOK-POKOK KEPEGAWAIAN DALAM PENGANGKATAN JABATAN STRUKTURAL (Studi Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang)]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 43 TAHUN 1999 TENTANG POKOK-POKOK KEPEGAWAIAN DALAM PENGANGKATAN JABATAN STRUKTURAL (Studi Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang))
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam jabatan struktural merupakan perwujudan dari sistem pembinaan pegawai negeri yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. Pembinaan Pegawai Negeri Sipil antara lain pembinaan karier dan prestasi kerja belum berjalan dengan baik dan penempatan Pegawai Negeri Sipil sering tidak sesuai dengan karier yang dimiliki, sehingga penempatan Pegawai Negeri Sipil cenderung berdasarkan kemauan subjektif. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana sistem pembinaan Pegawai Negeri Sipil di Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang (2) Bagaimana mekanisme pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam jabatan struktural di Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang, (3) Apa saja hambatan-hambatan dan upaya-upaya yang dilakukan dalam proses pengangkatan jabatan struktural di Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian yuridis sosiologis. Lokasi Penelitian berada di Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang. Sumber data penelitian melalui informan, responden, dan dokumen. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data selanjutnya dianalisis. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) sistem pembinaan Pegawai Negeri Sipil dilakukan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku yang menitikberatkan pada sistem prestasi kerja dan sistem karir, (2) pengangkatan jabatan struktural sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, namun masih ada penyimpangan-penyimpangan atau kepentingan pribadi yang mendominasi pengangkatan jabatan struktural, (3) faktor penghambat dalam pengangkatan jabatan struktural adalah pengusulan atau rekrutmen calon pejabat struktural, pengaturan sistem karir, dan disiplin Pegawai Negeri Sipil. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah: (1) Pembinaan Pegawai Negeri Sipil yang efektif memerlukan perencanaan kebutuhan yang matang, (2) Mekanisme pengangkatan jabatan struktural sudah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (3) faktor penghambat dalam pengangkatan jabatan struktural adalah pengusulan atau rekrutmen calon pejabat struktural, pengaturan sistem karir, dan disiplin Pegawai Negeri Sipil. Oleh karena itu perlu ada ketegasan hukum dalam mengatur pembinaan Pegawai Negeri Sipil dan mekanisme dalam pengangkatan jabatan struktural agar dapat mengurangi penyimpangan atau kepentingan kelompok dalam lingkungan kepegawaian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pegawai Negeri Sipil, Jabatan Struktural
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 17:12
Last Modified: 30 Oct 2013 17:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18182

Actions (login required)

View Item View Item