KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PERJUANGAN KEMERDEKAAN INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAREREJA 01 KABUPATEN BREBES

Apri Priyatna, 1402407115 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PERJUANGAN KEMERDEKAAN INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAREREJA 01 KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PERJUANGAN KEMERDEKAAN INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAREREJA 01 KABUPATEN BREBES)
Download (660Kb)

    Abstract

    Mata pelajaran IPS merupakan mata pelajaran yang sulit, dan kurang diminati siswa. Dalam pembelajaran IPS, guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, Berdasarkan permasalahan tersebut, pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat dijadikan sebagai alternatif dalam memecahkan masalah pembelajaran IPS di SD. Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw akan menciptakan lingkungan belajar kooperatif dalam kelompok kecil yang menekankan keterlibatan semua siswa dalam pembelajaran, sehingga akan meningkatkan pemahaman siswa dan hasil belajar siswa lebih bermakna. Dalam penelitian ini diajukan permasalahan “apakah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi perjuangan kemerdekaan Indonesia di SD Negeri Parereja 01 Kabupaten Brebes?”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, desain penelitian eksperimen ini yaitu menggunakan perbandingan grup statis. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Parereja 01 Kabupaten Brebes dan siswa kelas V SD Negeri Parereja 03 Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitan ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Parereja 01 Kabupaten Brebes dan siswa kelas V SD Negeri Parereja 03 Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 48 siswa. Variabel bebasnya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar IPS pada materi perjuangan kemerdekaan Indonesia siswa kelas V SD Negeri Parereja 01 Kabupaten Brebes. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes. Metode analisis data yaitu analisis tahap awal dan analisis tahap akhir. Hasil uji kesamaan mean menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki mean yang sama. Hasil uji U pada kolom pada kolom Asymp. Sig/Asymptotic significance dua sisi yaitu 0,014. Dapat dilihat bahwa ternyata probabilitasnya kurang dari 0,05. Dari data tersebut, dapat dinyatakan Ho ditolak atau Ha diterima, sehingga dapat ditunjukkan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas V antara yang memperoleh materi perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan yang tidak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi perjuangan kemerdekaan Indonesia di SD Negeri Parereja 01 Kabupaten Brebes. Oleh karena itu, hendaknya guru mulai mengembangkan pembelajaran IPS dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar.
    Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: radiya upt perpust
    Date Deposited: 31 Oct 2013 07:31
    Last Modified: 31 Oct 2013 07:31

    Actions (login required)

    View Item