PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY – TWO STRAY DENGAN POWER POINT PADA SISWA KELAS IV SD KARANGAMPEL 01 KALIWUNGU KUDUS


TIEKA FITRIANI, 1401911010 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY – TWO STRAY DENGAN POWER POINT PADA SISWA KELAS IV SD KARANGAMPEL 01 KALIWUNGU KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY – TWO STRAY DENGAN POWER POINT PADA SISWA KELAS IV SD KARANGAMPEL 01 KALIWUNGU KUDUS]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY – TWO STRAY DENGAN POWER POINT PADA SISWA KELAS IV SD KARANGAMPEL 01 KALIWUNGU KUDUS)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPS memiliki tujuan agar peserta didik mampu mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan dasar yang berguna bagi dirinya dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran IPS yang dilaksanakan harus memperhatikan pengembangan kemampuan berpikir siswa demi terwujudnya tujuan mata pelajaran IPS. Hasil refleksi yang dilakukan oleh peneliti bersama guru kolabolator SDN Karangampel 01 Kudus ditemukan masalah dalam pembelajaran IPS di kelas IV. Guru kurang variatif dalam menggunakan model pembelajaran. Guru hanya sebatas menyampaikan materi pembelajaran yang ada di buku. Penggunaan media pembelajaran yang disediakan sekolah belum optimal. Sebagian besar siswa pasif dalam kegiatan pembelajaran. Hanya beberapa siswa yang mendominasi saat diskusi kelompok, hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan klasikal 38%. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif two stay two stray dengan media Power Point. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi rumusan masalah umum: Apakah model pembelajaran Two stay – Two stray dan Power Point dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Karangampel 01 Kaliwungu Kudus?. Sedangkan rumusan masalah khusus yaitu: Apakah Model Pembelajaran Two stay – Two stray dengan Power Point dapat meningkatkan ketrampilan Guru, Aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam mengajar IPS pada siswa kelas IV SD N Karangampel 01 Kaliwungu Kudus?. Tujuan dalam penelitian ini meliputi tujuan umum:Meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Two stay – Two stray dan Power Point pada siswa kelas IV SDN Karangampel 01 Kaliwungu Kudus. Tujuan khusus: Untuk meningkatkan Ketrampilan Guru,aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan Model Pembelajaran Two stay - Two stray dengan Power Point pada SD N Karangampel 01 Kecamatan Kaliwungu Kab Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan media Power Point yang terdiri atas tiga siklus.setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian meliputi guru dan siswa kelas IV SDN Karangampel 01 Kudus. Teknik pegumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 21 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 35 dengan kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 40 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rerata skor total 24,1 kategori cukup, pada siklus II memperoleh rerata skor total 29,2 kategori baik dan pada siklus III memperoleh rerata skor total 35,4 kategori sangat baik. (3) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 64% , meningkat pada siklus II menjadi 74%, dan meningkat pada siklus III menjadi 87%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran kooperatif two stay two stray dengan media Power Pointt dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.. Disarankan agar guru menerapkan model pembelajaran two stay two stray dengan media Power Point agar siswa dapat belajar aktif dan mandiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran IPS, model pembelajaran kooperatif two stay two stray, media Power Point.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 11:35
Last Modified: 31 Oct 2013 11:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18162

Actions (login required)

View Item View Item